Jarang Yang Tahu, Ini 3 Daerah Penghasil Garam Terbesar Di Indonesia

oleh -29 views
WhatsApp Image 2023-09-22 at 05.59.22
Petani Di Kabupaten Pati, Memanen Garam (Panennews.com)

Panennews.com – Produksi garam di Indonesia selalu mencapai hasil yang besar sepanjang tahun. Kualitas garamnya pun sudah tidak diragukan lagi, dari garam biasa dan garam premium.

Ada beberapa daerah penghasil garam terbesar yang banyak tersebar di Indonesia. Produksinya hingga mencapai ribuan hingga ratusan ton, adapun daerah tersebut meliputi.

Madura, Jawa Timur

Pulau madura yang terletak di Jawa Timur merupakan salah satu daerah penghasil garam terbesar di Indonesia. Setiap tahunnya, daerah ini bisa menghasilkan garam berkisar antara 399 ribu ton. Selain itu, daerah ini juga mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani garam. Saking masifnya dalam produksi garam, Madura pernah punya julukan sebagai Pulau garam Indonesia.

Baca Juga :   Permudah BBM Subsidi Untuk Nelayan, KKP Gandeng BUMN

Pati, Jawa Tengah

Kabupaten Pati dalam setiap tahun, bisa produksi garam hingga mencapai kisaran antara 318 ribu ton. Daerah ini merupakan daerah ke-2 di Pulau Jawa sebagai penghasil garam terbesar di Indonesia. Selain itu, daerah ini juga memiliki potensi pasar garam hingga mencapai pasar global yang berorientasi ekspor. Oleh sebab itu, Kabupaten Pati jadi salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia.

Cirebon, Jawa Barat

Meski dijuluki sebagai kota udang, daerah Cirebon juga kaya akan produksi garam yang melimpah. Hal ini karena produksi garam pada daerah tersebut bisa mencapai kisaran antara 438 ribu ton per-tahun. Selain itu, Cirebon juga memiliki wilayah strategis pinggir laut yang tentunya sangat berpotensi dalam memproduksi garam secara besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.