Jaga Kebersihan Kolam Cegah Ikan Terserang Bintik Putih, Benarkah?

oleh -7 views
A Long Finned Surpe Tetra with an Investation of Aquatic Fungi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Keberadaan penyakit bintik putih memang cukup populer dalam menyerang produktivitas ikan. Biasanya jenis penyakit tersebut dapat menyerang secara masif pada ikan hias maupun budidaya.

Lazimnya, bintik putih ini disebabkan karena virus parasit cillita yang biasanya dapat menyerang pada bagian insang hingga kulit ikan. Gejala yang ditimbulkan, biasanya akan muncul bintik putih pada ikan dan terganggunya saluran pernafasan ikan.

Secara garis besar, ada berbagai cara dalam mengatasi dan mencegah terjadinya penyakit bintik putih yang menganggu ikan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan kolam ikan itu sendiri, namun sebagian orang tengah bertanya-tanya apakah tepat hal tersebut.

Baca Juga :   KKP Ungkap TNPB Di Perikanan Tangkap Sudah Sesuai Prinsip

Virus parasit cillita yang menjadi penyebab terjadinya bintik putih pada ikan itu, akan cenderung muncul lebih banyak jika kolam tersebut kotor. Terlebih, kolam tidak dibersihkan dalam tempo waktu yang cukup lama. Sehingga hal ini akan mengundang lebih banyak lagi parasit atau pun virus penyakit.

Agar tidak terjadi hal demikian, maka pastikan kolam ikan tetap terjaga kebersihannya. Minimal dalam menjaga kebersihan kolam, maka dilakukan pergantian air secara berkala. Selain itu, juga lakukan penjagaan dan pembersihan sekitaran kolam agar kolam tersebut tidak ditumbuhi lumut maupun mendatangkan bakteri.

Baca Juga :   Ikan Cupang, Ikan Hias Yang Tren Dimasa Pandemi

Pasalnya, jika tidak dilakukan pembersihan dan pergantian air pada kolam. Bakteri atau parasit bahkan virus berbahaya dapat muncul serta menyerang kesehatan ikan hias termasuk juga penyakit bintik putih ini. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan kolam menjadi hal terpenting dalam mencegah penyakit bintik putih datang pada ikan hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.