Promosi Cabai Murah Di Sleman, Bikin Konsumen Bahagia Dan Inflasi Terjaga

oleh -23 views
cabai_keriting_merah
Foto : Panen News

Panennews.com – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Champion cabai Kabupaten Sleman kembali menggelar promosi produk hortikultura khususnya komoditas cabai.

Produk cabai rawit dan cabai keriting yang dipromosikan ini disuplai oleh titik kumpul cabai Kabupaten Sleman. Kegiatan promosi ini dilaksanakan di pasar tani Kabupaten Sleman bertempat di Lapangan Pemda Sleman pada Rabu (27/12/2023).

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Ir. Suparmono, MM. mengatakan gerakan promosi cabai harga petani ini merupakan upaya antisipasi terjadinya inflasi dari peningkatan permintaan komoditas cabai menjelang hari raya nasional.

Secara nasional gerakan ini merupakan intruksi Kementrian Pertanian bersama Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat (STO).

“Menjelang Tahun Baru 2024, kebutuhan masyarakat sehingga harga cabai diprediksi terus merangkak naik, oleh karenanya diperlukan upaya pengendalian”, imbuhnya.

Baca Juga :   Tahun 2023, Nilai Tukar Petani di NTB Alami Kenaikan

Menurut Suparmono ketersediaan produksi komoditas cabai menurun karena El Nino, tetapi masyarakat tidak perlu khawatir karena stok cabai di Kabupaten Sleman dalam kondisi aman.

Kegiatan gerakan promosi penjualan cabai harga petani bersama Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan dan Champion cabai Kabupaten Sleman ini sebelumnya telah digelar selama sepekan dimulai pada Jumat kemarin di pasar tani lapangan Pemkab Sleman dan dilanjutkan ditiap titik kumpul cabai dan diakhiri hari ini 27 Des 2023 di Pasar Tani Lapangan Pemkab Sleman dengan jumlah yang disediakan 100 kg perharinya.

“Untuk harga jual cabai sesuai harga dasar petani, dimana cabai keriting setengah kilo kita jual Rp 30.000/kg Sedangkan cabai rawit Rp 50.000/kg jelas Suparmono.

Baca Juga :   Menko Airlangga Dorong Potensi Industri Kelapa Sawit Untuk Kesejahteraan Rakyat

Adapun harga cabai kriting dipasaran saat ini mencapai Rp 50.000-60.000/kg. Sedangkan cabai rawit Rp 68.000-70.000/kg.

Sementara itu, salah satu petani Champion Cabai Kabupaten Sleman Ardhi Prasetyo mengungkapkan, gerakan promosi cabai ini diharapkan dapat membantu masyarakat dengan harga jual cabai seperti dari petani, masih segar, murah dan berkualitas bagus.

Lebih jauh, Harga cabai tinggi membuat konsumen membeli dengan harga mahal, sementara keuntungan petani lumayan besar, promosi ini adalah wujud upaya meringankan beban khususnya konsumen cabai dan untuk menjaga inflasi.

“ Kami menjual cabai dgn harga petani ini sebagai wujud utk memotong rantai pemasaran, sehingga harga lebih terjangkau” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.