Jelang Nataru, Bapanas Gencarkan 453 GPM Di 29 Provinsi Indonesia

oleh -22 views
download (23)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Operasi pasar murah dalam bentuk Gerakan Pangan Murah (GPM) akan terus digencarkan sampai penghujung tahun 2023.

Dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berfokus menggelontorkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dengan harga yang relatif lebih baik dan terjangkau. Ini dilaksanakan demi stabilisasi pangan menyongsong Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Selama Desember ini, GPM terus kita laksanakan mulai dari awal bulan sampai akhir tahun nanti. Total ada 453 GPM selama Desember tahun ini, berlokasi di 118 kabupaten kota yang tersebar pada 29 provinsi. Dengan adanya operasi pasar yang masif dan menyentuh langsung masyarakat seperti ini, kita meyakini stabilitas pangan akan terjaga dan inflasi dapat pula terjaga,” kata Kepala NFA Arief Prasetyo Adi saat ditemui di Jakarta pada Selasa (19/12/2023).

Secara nasional, sampai 16 Desember, GPM telah kami laksanakan bersama pemerintah daerah, total mencapai 1.591 lokasi. Itu dilaksanakan bersama 324 kabupaten kota yang ada di 35 provinsi.

Baca Juga :   Tinjau TPI Indramayu, Pemerintah Pastikan KUR Untuk Nelayan Tepat Sasaran

“Operasi pasar murah seperti ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta intensitas pelaksanaan pasar murah di daerah-daerah terus diperbanyak, sehingga masyarakat dapat lebih terbantu dalam memperoleh bahan pangan pokok,” sambungnya.

Lebih lanjut, apabila masyarakat ingin mengetahui lokasi GPM keliling se-Indonesia yang terdekat, dapat mengakses informasi melalui kanal informasi resmi yang dikelola pemerintah daerah setempat.

GPM dalam rangka Nataru Desember ini, telah dilaksanakan sejak 1 Desember dan akan terus dihelat sampai 29 Desember.

“Masyarakat secara luas tentunya dipersilahkan berbelanja pangan di GPM yang terdekat. Informasi kapan dan lokasi pelaksanaannya dapat dilihat pada kanal informasi resmi yang dikelola pemerintah daerah, misalnya media sosial atau website. Ini karena GPM merupakan kerja sama antara NFA bersama pemerintah daerah serta asosiasi dan pelaku industri pangan di daerah,” pungkas Kepala NFA Arief Prasetyo Adi.

Baca Juga :   Pemerintah Sediakan Fasilitas Untuk Ekspor UMKM Ke Australia

Misalnya saja pada minggu ketiga dimulai 18 Desember ini, GPM keliling se-Indonesia hadir di Bengkulu, Jember, Semarang, Makassar, Bantaeng, Wajo, Mamuju, Palu, Luwu Utara, Soppeng, Pinrang, Lombok Barat, Lombok Tengah, Tuban, Tegal, Kediri, Bone Bolango, Serang, Sumba Timur, Luwu, Pare Pare, Sidenreng Rappang, DKI Jakarta, Dompu, dan Padang.

Terkait fluktuasi tren inflasi beras berkaca pada penutup tahun sebelumnya, pernah mengalami gejolak yang cukup signifikan.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi beras secara bulanan di Desember 2022 berada di 2,30 persen. Tren ini cukup tinggi dibandingkan inflasi beras pada November 2022 yang ada di 0,38 persen.

“Untuk komoditas beras, target penyaluran melalui program SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) di tahun ini 1.085.000.000 kg. Ini terus kita gelontorkan bersama Perum Bulog, baik melalui GPM maupun distribusi langsung ke semua lini pasar,” jelas Arief.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.