Genjot Produksi Padi Di Purworejo, Wamentan Beri Bantuan Teknologi Alsintan

oleh -11 views
download (1)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (alsintan).

Adapun alsintan itu untuk para kelompok tani di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Bantuan tersebut sangat penting untuk mempercepat peningkatan produksi padi dan produktivitas pertanian usai terjadi perlambatan akibat cuaca ekstrem El Nino.

“Kita lakukan percepatan, seperti di Purworejo ini kita lakukan pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) agar dapat segera diterima masyakarat sehingga produksi dapat meningkat,” kata Wamentan pada acara tersebut di Pendopo Bupati Purworejo, Jumat (08/12/2023).

Baca Juga :   Jaga Pasokan, Bapanas Lakukan Relaksasi Harga Gula Di Tingkat Konsumen

Menurut Wamentan Harvick, perlambatan produksi pangan akibat cuaca ekstrem El Nino perlu disikapi secara cepat dan tepat. Sebab, hal tersebut menyangkut ketersediaan pangan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, Wamentan berharap agar program-program bantuan dari Kementerian Pertanian dapat dioptimalkan oleh masyarakat demi mengakselerasi produksi pangan nasional.

“Bagaimana kita mengakselerasi pangan kita agar jangan surut ya, jangan sampai berkurang ketersediaannya. Jadi pelambatan-pelambatan yang terjadi akibat El Nino kemarin, jangan sampai mengganggu pasokan pangan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengungkapkan peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Purworejo terus dioptimalkan. Salah satunya dengan pengembangan alat mesin pertanian (alsintan).

Baca Juga :   Normalisasi Saluran Irigasi, 70 Hektare Lahan Pertanian Di Bekasi Terairi

“Pemerintah Kabupaten Purworejo telah memberikan kepercayaan kepada beberapa kelompok tani atau Gapoktan untuk menerima bantuan alsintan,” ucapnya.

Yuli berharap, bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) dapat meningkatkan produksi pertanian sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para petani di daerahnya.

Disamping itu, Purworejo mendapatkan alokasi alsintan pra panen program dari Kementan.

“Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas untuk memberikan nilai tambah sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada petani,” tuturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.