Agar Baik Produktivitasnya, Ketahui Ciri Bibit Kopi Robusta Unggulan

oleh -41 views
Ilustrasi Biji Kopi
Foto : Pixabay

Panennews.com – Membudidayakan tanaman kopi robusta saat ini tengah ramai dilakukan oleh kalangan masyarakat. Pasalnya, kopi ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Terlebih, cita rasanya pun cenderung nikmat. Oleh sebab itu, orang banyak menanamnya. Namun, agar produktivitasnya membaik dibutuhkan bibit unggulan dengan ciri-ciri tertentu.

Adapun bibit unggulan ini mempunyai ciri-ciri yang sangat jarang orang mengetahuinya. Salah satu ciri dari bibit kopi robusta unggulan biasanya memiliki bentuk serta ukurannya yang seragam, hal ini karena bibit tersebut tidak cacat dan memiliki intensitas fisik maksimal.

Baca Juga :   Sumberdaya Laut NTB Melimpah, Potensi Triliunan Rupiah Per Tahun

Selain itu, cirinya juga terdapat pada fisik yang cenderung sehat dan tidak adanya hama penganggu pada bibit kopi robusta ini. Biasanya bibit yang secara fisik sehat itu, nantinya akan bagus tumbuh kembang hingga produktivitasnya.

Lebih jauh, bibit kopi robusta yang unggul juga bisa ditandai pada bagian akarnya. Biasanya akar tersebut mempunyai warna cenderung cokelat kemerahan hingga akar yang kuat dan tidak mudah dipatahkan.

Dengan kriteria akar tersebut, biasanya bibit kopi robusta ini mempunyai kualitas unggulan yang memberikan dampak bagus terhadap tumbuh kembang dan juga produktivitasnya.

Baca Juga :   Cara Mudah Budidaya Pepaya Untuk Pemula, Tumbuh Subur Dan Cepat Panen

Lebih lanjut, ciri bibit kopi robusta unggulan juga terletak pada bagian daunnya yang terhindar dari serangan hama. Pasalnya, daun ini nantinya akan berkembang hingga menghasilkan buah kopi berkualitas.

Oleh sebab itu, daun yang terhindar dari berbagai serangan jenis hama bisa dikatakan mempunyai ciri bibit kopi robusta unggulan yang bisa meningkatkan produktivitas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.