Tonyong Bakomong Panganan Tradisional Sumbawa yang Unik dan Bergizi

oleh -6 views
Tonyong Bakomong, kudapan khas Sumbawa, NTB (Foto : istimewa)
Tonyong Bakomong, kudapan khas Sumbawa, NTB (Foto : istimewa)

Panennews.com – Ragam makanan olahan berbahan baku ikan, jadi sajian menu Tim Penggerak PKK NTB, pada gelaran Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional 2023 di Jakarta.

Menu Tonyong Bakomong jadi makanan khas asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang difavoritkan.

Sajian pangan berbahan ikan ini diketahui unik dan kaya gizi, tetapi juga bahan dasar sajian menu ini benar-benar khas potensi sumber daya lokal asal tanah Samawa.

Sajian menunya secara umum berbahan baku ikan dan rumput laut yang atraktif, variatif, lezat dan istimewa dengan menonjolkan kearifan bumbu dan rempah lokal yang berkualitas.

Sajian pangan ini sangat layak sebagai menu keluarga, menu kudapan dan menu balita.

Pada ajang LMSI 2023 kali ini, tim lomba NTB menyajikan menu hasil kreasi dan inovasi Tim Penggerak PKK dari Kabupaten Sumbawa Barat.  Sajian menu keluarga menampilkan Tonyong Bakomong, menu balita Swarna Bulaeng dan menu kudapan Empak Kepo.

Baca Juga :   Di Hari Keamanan Pangan, Mentan SYL Ajak Seluruh Pihak Jaga Pangan

Tonyong Bakomong dikenal sebagai makanan olahan berbahan baku ikan bandeng yang diolah sedemikian rupa dipadu dengan buah naga, akar teratai, wortel, kelor, bunga turi dan rempah-rempah khas lokal daerah Kabupaten Sumbawa Barat.

Swarna Bulaeng sendiri  dibuat untuk bayi berumur di bawah lima tahun (balita).  Berbahan baku ikan nila, buah nangka, kacang merah dan bit, bunga talang dan kacang hijau plus daun pandan.

Swarna Bulaeng diberi toping rumput laut, cream putih, cream orange dan anggur desa serta sensasi racikan kuah gula merah dan daun mint.

Baca Juga :   Impor Beras Bikin Serapan Beras Masyarakat Tidak Maksimal

Lebih lanjut, Empak Kepo merupakan menu kudapan berbahan ikan kakap merah dengan perpaduan bahan lokal yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

Kue hijau ini berasal dari ikan dan kelor dikombinasi dengan warna kuning terbuat dari ikan dan labu kuning. Adapun krim Isian kue berwarna putih yang terbuat dari kelapa muda, kelapa parut, coklat putih, dan rumput laut.

Sajian menunya dengan saus berwarna pinki semakin menambah selera makan dengan aneka rasa kaya gizi.

Berikutnya, bagian bawah kue Empak Kepo ini ada biskuit rumput laut dari berbagai bahan ikan kakap yang dicampur dengan tepung akar teratai, rumput laut yang dioven.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.