Hari Ikan Nasional, KKP Pamerkan Sejumlah Produk Olahan Ikan Di Ulammart

oleh -30 views
KKP Hadirkan Gerai Produk UMKM Perikanan 22 di Stasiun Gambir 2
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadikan Ulammart sebagai salah satu percontohan wadah fasilitasi UMKM Perikanan untuk dapat naik kelas.

Melalui Ulammart, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) memberikan satu format pemasaran dan pendampingan UMKM melalui kurasi yang sangat ketat mencakup administrasi usaha, rasa, hingga kemasan produk.

“Produk yang dihasilkan harus memiliki sertifikasi kelayakan pengolahan (SKP) dan perijinan lainnya, serta rasa dan kemasannya memenuhi syarat,” ujar Dirjen PDSPKP, Budi Sulistiyo di semarak hari pertama peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Budi menambahkan program Ulammart akan dikembangkan secara bertahap mulai tahun 2024. Dia berharap masing-masing kabupaten nantinya bisa memiliki minimal satu Ulammart sebagai sentra kurasi, pemasaran hingga pendampingan UMKM.

Baca Juga :   Hari UMKM 2023, Kemenkop UKM Hadirkan Model UMKM Masa Depan

Khusus UMKM yang tak lolos kurasi, menjadi tugas Ditjen PDSPKP bersama Dinas Kelautan Perikanan daerah untuk melakukan pendampingan hingga produk mereka bisa lolos.

“Kami lakukan kegiatan ini secara bersama sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan daerah dan kami telah punya satu pilot project di Stasiun Gambir. Disini konsepnya bukan warung oleh-oleh atau toko oleh oleh tetapi kita arahkan UMKM menjadi naik kelas setelah dikurasi,” urainya.

Dalam peringatan Harkannas ke-10 Tahun 2023 kali ini, KKP memamerkan sejumlah produk perikanan unggulan daerah serta binaan Ulammart. Tujuannya untuk menginspirasi publik dalam meminati sekaligus menikmati ikan.

Baca Juga :   KKP Genjot Produksi Benih Gabus Haruan Di Kalimantan Selatan

Budi memaparkan, saat ini ikan tidak hanya dijadikan lauk, namun sudah banyak varian olahannya menjadi camilan atau kudapan sarat gizi, seperti biskuit ikan, egg-roll ikan, cake ikan, pudding ikan, dll.

Ragam produk tersebut kata Budi, membuktikan bahwa olahan ikan sudah tidak amis lagi dan enak untuk camilan sehat.

Karenanya, pada acara Harkannas kali ini juga dibagikan biskuit ikan gratis bagi anak-anak. Biskuit yang dilengkapi dengan hidrolisat protein ikan.

“Silahkan dicoba, jadi tidak usah takut amis dalam mengonsumsi ikan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.