Malioboro Coffee Night, Jadi Media Diplomasi Kopi Nusantara Mendunia

oleh -15 views
biji kopi
Ilustrasi Biji Kopi - Foto : Pixabay

Panennews.com – Malioboro Coffee Night telah resmi dimulai, sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-267 Kota Yogyakarta, juga Hari Kopi Sedunia, pada Minggu malam (01/10/2023) di Menara Kopi Malioboro.

Malioboro Coffee Night akan berlangsung selama 6 Hari mulai 1 hingga 6 Oktober 2023 di lima titik, yaitu Kawasan Pedestrian Malioboro, Plaza Malioboro, Creative Hub Fisipol UGM, Pedestrian Kotabaru dan Menara Kopi Malioboro.

Dengan dimeriahkan oleh stand Komunitas Kopi Nusantara, Bazar UMKM, Kompetisi Kopi dan Barista, Talkshow dan Diskusi, Pertunjukan Musik dan Tari hingga Turnamen Grappling.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, Malioboro Coffee Night menjadi satu media untuk saling bertemu dan diskusi tentang kopi itu sendiri.

Baca Juga :   Kunjungi Gunungkidul, Anggota DPR RI Disuguhi Durian Premium Kualitas Ekspor

Bagaimana asal muasal sejarah berbagai jenis kopi, cara menanamnya, menjaga kualitas produk kopi, cara mengolah dan menyajikannya, sampai bagaimana kopi bisa dinikmati.

“Event ini menjadi titik temu bagaimana kopi bisa melibatkan banyak pihak,mulai dari petani kopi, pelaku industri, pembuat kopi, barista, penikmat kopi hingga pembuat regulasi yaitu pemerintah dimana semuanya saling terkait, dengan harapan kita bersama-sama bisa memperluas kesempatan kopi nusantara bisa dinikmati oleh banyak orang hingga ke pasar internasional,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan, pada gelaran Malioboro Coffee Night menjadi salah satu bukti bahwa Yogyakarta meski belum memiliki produk kopi sebagai komoditas ekspor.

Baca Juga :   Menilik Potensi Usaha Madu Di Bumi Mina Tani

Lebih lanjut, tapi bisa menjadi titik bertemunya penggiat kopi seluruh nusantara, akademisi, hingga perwakilan Kedutaan Besar Belanda dan Ethiopia untuk membuka peluang kerja sama.

“Kami sangat mengapresiasi adanya Malioboro Coffee Night yang tentu ini menjadi momentum luar biasa, bagaimana produk kopi terbaik nusantara dengan beragam variannya bisa makin dikenal banyak orang, dan memperluas kesempatan ekspor ke berbagai negara,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.