Inovasi Teknologi Silamanda, Cara Kabupaten Sleman Tingkatkan Kualitas Ikan Nila

oleh -12 views
Ilustrasi Ikan Nila Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Nila - Foto : pinterest

Panennews.com – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, me-leunching inovasi Silamanda (Produksi Nila Sleman Sembada) dan Biola Delman (Bioflok Nila Model Sleman), Jumat (20/10/2023).

Peluncuran inovasi yang digagas oleh Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman tersebut dilakukan dalam acara Festival Perikanan Kabupaten Sleman bertempat di UPTD PBPP Perikanan, Pakem, Sleman.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan inovasi Silamanda merupakan varian nila merah yang dihasilkan dari persilangan antara nila hitam nirwana wanayasa betina, dengan pejantan nila merah yang tidak ada bercak hitamnya dari PT. Aquafarm.

Baca Juga :   Digitalisasi UMKM, Pemerintah Luncurkan Program Promise

Lebih lanjut, Nila merah Silamanda ini memiliki keunggulan Pertumbuhan cepat yang mencapai 700 gram dalam waktu 1 tahun, tahan serangan penyakit, dan warna merah merata.

Sedangkan Biola Delman yakni teknologi pembesaran ikan dengan sistem bioflok. Teknologi ini memiliki keunggulan padat tebar tinggi dengan lahan terbatas.

Tidak ada pergantian air selama masa pemeliharaan, pertumbuhan cepat dengan rata-rata 2,5 bulan panen, dan konversi pakan rendah.

“Inovasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pasar akan tingginya permintaan nila merah, khususnya di wilayah DIY,” kata Suparmono.

Baca Juga :   Komisi IV Apresiasi Teknologi Bioflok, Sistem Optimalisasi Budidaya Ikan Konsumsi

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini, mendukung penuh kegiatan serta peluncuran inovasi yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman ini.

Lebih lanjut, diharapkan inovasi ini dapat semakin meningkatkan kualitas produksi ikan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani ikan di Kabupaten Sleman.

“Untuk itu perlu terus dikampanyekan gemar makan ikan, terutama bagi bagi anak-anak. Karena dengan rutin mengonsumsi ikan, akan dapat meningkatkan kecerdasan para generasi penerus bangsa,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.