Festival Ikan Hias Nusantara, Tumbuhkan Industri Ikan Hias Indonesia

oleh -20 views
Ilustrasi Ikan Koi
Ilustrasi Ikan Koi - Foto : Pixabay/@DearlyReloved

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali berkolaborasi dengan startup Kalikan menggelar festival ikan hias air tawar.

Hal itu untuk menyokong perdagangan dan tumbuhnya industri ikan hias di Indonesia. Tahun ini Indonesia naik dua peringkat menempati posisi dua sebagai eksportir ikan hias terbesar di dunia.

Acara bertajuk Festival Ikan Hias Nusantara 2023 tersebut merupakan rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan untuk memperingati HUT ke-24 KKP.

Festival dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama CEO Kalikan Ardani Yusuf Prawira dan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Budi Sulistyo di Mall Epiwalk, Jakarta Selatan pada Jumat (27/10/2023) pagi.

Baca Juga :   Dukung Industri Sawit, Wapres Minta Sinergi Antar Lembaga Sawit

“Berdasarkan data International Trade Statistics, nilai ekspor ikan hias Indonesia tahun 2022 mencapai USD36,4 juta atau 11,3% dari total ekspor ikan hias dunia yang mencapai USD321 juta. Nilai ekspor ini mendudukan Indonesia menjadi eksportir ikan hias terbesar ke-2 menggeser posisi Singapura dan Belanda,” ungkap Trenggono.

Selain itu, Festival ikan hias juga menjadi salah satu upaya KKP mendukung perdagangan dan tumbuhnya usaha ikan hias di Indonesia.

Kegiatan tersebut menjadi wadah memperkenalkan ikan hias air tawar khususnya endemik Indonesia kepada masyarakat.

Sementara itu, CEO Kalikan Ardani Yusuf Prawira menyatakan kesiapannya menggelar expo skala internasional di tahun depan bersama KKP. Dia bahkan menargetkan Indonesia bisa menjadi ibu kota ikan hias dunia dunia.

Baca Juga :   Menperin Optimistis Ekonomi Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2021

Lebih lanjut, Festival Ikan Hias Nusantara 2023 menjadi kolaborasi kedua kalinya antara KKP dan Kalikan. Tahun lalu keduanya menggelar Kalikan Expo untuk mengembangkan potensi ekonomi ikan hias air tawar di Indonesia.

“Kami berharap dengan kolaborasi seperti ini, kita dapat terus mengembangkan dunia ikan hias Indonesia melalui peran UMKM, pembudidaya, dan pelaku usaha semuanya. Dan kami berharap kita bisa menjadikan Indonesia sebagai ibukota ikan hias dunia,” ujar Ardani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.