Agar Tembus Pasar Global, Kementan Dukung Susu Produksi Olahan Di Salatiga

oleh -14 views
Susu Segar
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Susu memiliki peranan penting untuk mendukung kehidupan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP mendukung produksi susu Pusat Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Kampung Susu, Randuacir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, untuk menembus pasar global.

Dukungan terhadap P4S Kampung Susu Randuacir, yang mempunyai produk peternakan susu dan olahan nya seperti susu pasteurisasi, Kefir, Yoghurt dan Es Lilin susu, disampaikan saat Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melakukan kunjungan kerja ke tempat tersebut, Kamis (05/10/2023).

Semangat P4S Kampung Susu sendiri sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang mengatakan kelompok-kelompok tani harus mengetahui potensi dan kelebihan masing-masing.

“Potensi yang dimiliki tersebut harus digali dengan baik, sehingga menguntungkan anggotanya secara ekonomi. Dan ini bisa menjadi kunci sukses kelompok tani, termasuk P4S,” sebut Menteri Syahrul.

Baca Juga :   Jaga Ketersediaan, Mentan Amran Kejar Penanaman Jagung Nasional

Saat mengunjungi P4S Kampung Susu Randuacir, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi menjelaskan, momen saat Indonesia merdeka. Menurutnya, saat Indonesia merdeka tahun 1945, disaat yang sama Korea juga merdeka.

“Namun dalam kurun waktu 50 tahun, Korea tidak saja unggul di bidang teknologi, otomotif, dan smart farming bahkan kita pun impor pelatih tim sepakbola nasional dari Korea. Apa yang membuat Korea maju? Keberhasilan Korea diawali dengan pembaharuan bidang pertanian,” jelas Dedi.

Selain itu, Dedi juga menjelaskan, tahun 60 korea mempunyai gerakan penting yaitu gerakan Sae-maul. Saemaul Undong, yaitu gerakan perubahan dan reformasi yang bertujuan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Dijelaskannya, gerakan yang berangkat dari kesadaran rakyat untuk mengentaskan diri dari kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk desa.

Baca Juga :   Prospek Bisnis Jeruk Pamelo Khas Pati

“Gerakan pembaharuan dari pedesaan sehingga desa menjadi pusat perubahan. Desa mampu menyediakan pangan di kabupaten, provinsi, ibukota negara. Bagaimana membangun bangsa kalau urusan pangan berantakan? Jadi kalau negara kita mau maju, kita tiru gerakan Sae-maul. Saemaul Undong,” ujarnya.

Dan menurutnya, semangat gerakan Sae-maul. Saemaul Undong ada di P4S. Karena fungsi P4S sesuai namanya pusat pelatihan pertanian perdesaan yang menjadi motor penggerak ekonomi di pedesaan

“Saya mengajak dari Salatiga, untuk menerapkan semangat Sae-maul. Saemaul Undong, Susu salatiga harus mampu memenuhi kebutuhan, juga berlaku untuk komoditas pertanian. Bila semua sudah dicukupi, tinggal meningkatkan produksi yang pada akhirnya kita akan bisa ekspor,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.