Sering Dianggap Sama, Ternyata Ikan Toman Dan Ikan Gabus Punya Perbedaan

oleh -218 views
Ikan Gabus
Ilustrasi Ikan Gabus Foto : pertanianku,com

Panennews.com – Ikan toman dan ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang masih satu keluarga. Oleh karena itu, secara fisik serta tampilan dari kedua jenis ikan tersebut pun memang cukup tergolong sama.

Meski begitu, ada banyak perbedaan yang terdapat diantara keduanya. Perbedaan tersebut sangat jarang sekali orang mengetahuinya.

Secara fisik, komoditas perikanan ikan toman ini mempunyai tampilan tubuh yang cenderung besar. Biasanya bagian tubuh ikan toman memiliki garis-garis yang tidak sejajar, adapun garis tersebut berwarna putih cenderung cokelat. Ukuran panjang tubuh ikan toman ini berkisar antara 30 – 50 cm.

Baca Juga :   KKP Gelar Sosialisasi Dorong Nelayan Sadar Asuransi dan Jaminan Hari Tua

Lebih lanjut, sedangkan tampilan fisik ikan gabus memiliki tampilan tubuh kecil dengan kepala yang lebih besar. Bagian tubuh ikan gabus tidak memiliki garis sejajar seperti ikan toman, namun garis sejajar tersebut berada pada bagian kepala. Hal ini tentunya jadi salah satu perbedaan ikan toman dan ikan gabus.

Sementara itu, habitat dari kedua jenis ikan tersebut pun lumayan berbeda. Biasanya ikan gabus memiliki habitat berada pada perairan liar seperti danau, sawah, sungai, maupun rawa-rawa.

Lebih jauh, sedangkan ikan toman memiliki habitat di berbagai laut lepas, namun biasanya habitat ikan toman juga cenderung lebih mudah di budidayakan pada habitat kolam tanah hingga kolam terpal. Oleh perbedaan tersebut, ikan toman dengan ikan gabus pun cenderung berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.