Pembangunan Pabrik Pakan Berskala Industri, Penuhi Kebutuhan Pakan Ternak

oleh -10 views
Light Blue Black White Casual Corporate Event Event Website - 1
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Karantina Pertanian Palangkaraya hadiri kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur Selasa (12/09/2023).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalimantan Tengah (TPHP) Kalteng, Sunarti menyampaikan bahwa pembangunan pabrik pakan ternak di Kalteng berskala industri.

“Ini merupakan sebuah komitmen bersama yang dibangun Pemerintah Provinsi Kalteng dan seluruh stakeholder yang mendukung berdirinya pabrik pakan berskala industri di Kalteng sebagai solusi penyediaan pakan yang berkualitas dan terjangkau,” ujar Sunarti.

Sementara itu, Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan Wagub Edy Pratowo menyampaikan bahwa kehadiran pabrik pakan yang dibangun di Kalteng akan menjadi solusi permasalahan usaha peternakan.

Baca Juga :   Kemenperin Tingkatkan Nilai Tambah Industri Budidaya Rumput Laut Di Maluku

Terutama dalam pemenuhan kebutuhan pakan ternak yang menunjang ketersediaan sumber pangan strategis yaitu daging sapi, telur dan daging ayam.

“Selama ini pemenuhan kebutuhan daging dan telur di Kalteng masih disuplay dari luar, karena jumlah populasi dan produksi peternakan belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menimbulkan inflasi daerah,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga menyebut bahwa kehadiran pabrik industri pakan ini jadi solusi untuk menarik minat investasi dalam mengembangkan usaha peternakan.

“Kehadiran pabrik pakan di Kalteng diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan usaha peternakan unggas mandiri dan menarik minat investasi dalam pegembangan usaha peternakan lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :   Industri Pangan Dinilai Tembus Pasar Global

Lebih jauh, Badan Karantina Pertanian sesuai Pasal 72 UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, mempunyai tugas pengawasan lalu lintas pemasukan dan/atau pengeluaran terhadap Keamanan Pakan dan Mutu Pakan.

“Pabrik pakan yang akan dibangun ini mempunyai kapasitas produksi 80 ton per hari yang bahan baku utamanya berasal dari bungkil kelapa sawit, sehingga pakan ternak di Kalteng cukup tersedia. Dan bahkan tidak tertutup kemungkinan dapat disuplay ke daerah lain,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.