Festival Cokelat Di Gunung Kidul, Bikin Komoditas Kakao Menjanjikan

oleh -20 views
Ilustrasi Kakao
Foto : Pixabay

Panennews.com – Cokelat yang menjadi favorit disegala kalangan tentunya menjadikan Kakao, bahan pembuatan cokelat menjadi komoditi menjanjikan jikan diolah dengan baik.

Lebih lanjut, kakao menjadi komoditi terbesar ketiga setelah kelapa dan kopi di Provinsi DIY, dan salah satu penghasil kakao berkualitas salah satunya di daerah Nglanggeran, Gunungkidul.

Masih dalam rangka memperingati UU Keistimewaan ke – 11 tahun, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi D.I.Y menggelar festival cokelat di kawasan Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran Selasa, (12/09/2023).

Baca Juga :   Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Sembako Tersedia di Sejumlah Supermarket

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto menjelaskan diselenggarakannya festival ini salah satunya untuk mengangkat potensi lokal.

“Cokelat menjadi komoditas perkebunan terbesar ketiga di DIY, dari petani dengan pola pikir yang sederhana dapat diolah menjadi sedemikian rupa,”

Selain itu, Sugeng juga menyampaikan bahwa DIY saat ini memiliki potensi coklat dengan luasan mencapai lebih dari 5000 hektar dan sebagian besar diantaranya di Gunungkidul,

Lebih jauh, GKR Hemas dalam kesempatan tersebut juga turut hadir membuka festival dan mengapresiasi kegiatan yang luar biasa tersebut. Dengan demikian, bahwasannya festival ini membuat jadi komoditas cokelat menjanjikan.

Baca Juga :   Tinjau DAS Citarum, Mentan SYL Pastikan Sektor Pertanian Terus Berproduksi

“Pengembangan Komoditi coklat sangat luar biasa ini harapannya jangan tidak hanya sampai berhenti di tingkat Provinsi, tetapi harus selalu ditingkatkan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.