Buah Lerak, Si Hitam Legam Bahan Baku Sabun Tradisional

oleh -136 views
Sapindus rarak (lerak) on wood plate with wood background.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Buah lerak merupakan salah satu buah yang berasal dari pohon lerak. Biasanya pohon tersebut banyak kita temukan keberadaannya pada wilayah Sumatera, Pulau Jawa, hingga Kalimantan.

Buah dengan nama Ilmiah Sapindus Rarak ini masih tergabung ke dalam suku famili dari Sapindaceae. Buah ini sudah cukup terkenal karena khasiatnya yang cukup lumayan banyak.

Secara morfologi, buah yang berasal dari pohon lerak ini mempunyai bentuk bulat cenderung memanjang. Biasanya ukuran dari buah tersebut cukup terbilang kecil, adapun ukuran diameter buah ini dapat berkisar antara 2,5 cm. Adapun warna dari buah ini pun cukup beragam yang mulai dari oranye, cokelat, hingga hitam legam. Namun, kebanyakan buah lerak ini di Indonesia terdapat warna hitam yang cenderung legam.

Baca Juga :   Upaya Konservasi Tanaman Obat, Indonesia - Tiongkok Sepakati Kerja Sama

Selain itu, buah ini juga memiliki daging yang bertekstur empuk jika sudah matang. Biasanya buah yang sudah matang dapat mengeluarkan aroma harum pada seluruh bagian buah tersebut. Di sisi dagingnya, terdapat biji lerak yang berwarna hitam berbentuk bulat dengan tekstur biji tersebut cenderung keras.

Sementara itu, buah yang hitam legam ini cukup familiar pada kalangan masyarakat karena mengandung senyawa tannin hingga saponnin yang bersifat antioksidan. Biasanya senyawa tersebut memiliki banyak khasiat serta manfaat yang salah satunya sebagai bahan baku sabun tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.