Selain Untuk Lalapan, Daun Kenikir Juga Punya Sederet Manfaat

oleh -245 views
A leaf of a cosmos flower or green kenikir isolated on a white background
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ada berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan yang kerap digunakan sebagai lalapan. Salah satunya daun kenikir ini, biasanya banyak dari kalangan masyarakat mengkonsumsi daun kenikir ini sebagai lalapan.

Selain untuk lalapan pelengkap kudapan, daun kenikir juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut banyak dari kalangan masyarakat tidak mengetahuinya, adapun manfaat tersebut diantaranya.

Melancarkan Pencernaan

Daun kenikir bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh seseorang. Pasalnya, daun tersebut memiliki kandungan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, serat tersebut juga bersifat antioksidan yang dapat memperlencar proses pencernaan dengan cara menyerap air lebih banyak ke dalam usus besar. Oleh sebab itu, daun ini bisa membuat lancar saluran pencernaan.

Baca Juga :   Pemkab Bojonegoro Minta Petani Bawang Merah Gunakan Benih Biji

Menghambat Sel Kanker

Manfaat daun kenikir selanjutnya yaitu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini disebabkan daun tersebut memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, biasanya kandungan antioksidan itu dapat menghambat sel kanker. Selain itu, antioksidan juga dapat mengusir racun jahat yang mengendap dalam tubuh seseorang penyebab kanker.

Menurunkan Berat Badan

Daun kenikir mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi, biasanya serat tersebut cukup ampuh dalam mengusir bakteri jahat penyebab berat badan naik. Selain itu, kandungan serat ini juga disinyalir dapat menurunkan berat badan lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.