Indonesia Komitmen Perkuat Ekspor Rempah Ke Negara India

oleh -33 views
Gl6YtrsdTcTdoccy4UhdkvR2y4jvEPD4fbLmKWIy
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sangat antusias dan berkomitmen memperkuat hubungan dagang dengan India, terutama pada sektor rempah.

Apalagi Indonesia juga merupakan negara penghasil rempah-rempah yang diekspor ke sejumlah negara termasuk ke India.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Agricultural Products and Livestock Market Committee (APMC) Market di Navi, Mumbai, India pada Kamis (24/08/2023).

APMC Market merupakan pusat perdagangan rempah terbesar di India dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan dunia. APMC Market memiliki 15.000 perusahaan terdaftar dengan luas kawasan sebesar 77 hektare.

Baca Juga :   Lepas Ekspor Pinang Ke Arab Saudi, Kemendag : Pinang Indonesia Tembus Mancanegara

“Indonesia akan terus memperkuat hubungan dagang dengan India, khususnya di sektor perdagangan rempah. Saya cukup kaget melihat skala perdagangan rempah di pasar ini. Pengelolaan pasar ini maju,” ujar Mendag.

Sementara itu, Direktur Komal Exotic Spices (K Ahuja Foods) Gopaal Ahuja menyampaikan, kehadiran Mendag Zulkifli Hasan merupakan sebuah kehormatan.

“Kedatangan Menteri Perdagangan Indonesia ke sini adalah sebuah kehormatan besar. Kami memiliki hubungan dagang yang panjang dengan Indonesia. Banyak rempah-rempah di sini yang datang dari Indonesia, seperti lada, ketumbar, dan cengkeh,” kata Gopaal.

Baca Juga :   Rencana KKP Buka Ekspor Benih Lobster, Pembudidaya Khawatir Langka dan Mahal

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga berkesempatan berkeliling ke APMC Market untuk melihat produk rempah-rempah yang dijual di pasar tersebut secara ritel maupun grosir. Menurut Gopaal, para pengusaha rempah India merasa senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan Mendag Zulkifli Hasan.

“Para pengusaha senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan Mendag Indonesia. Hal ini karena Indonesia adalah negara yang penting. Mendag Indonesia mau turun ke pasar seperti ini adalah sesuatu yang luar biasa,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.