Fenomena El Nino, Ketahanan Pangan Di Ponorogo Relatif Aman

oleh -28 views
Pertanian
Foto : Panen News

Panennews.com – Ketercukupan air untuk irigasi bakal menjamin keamanan ketahanan pangan di Ponorogo. Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo, Masun optimistis produksi padi tidak begitu berpengaruh jika terjadi kemarau panjang sekalipun.

“Tahun 2022, produksi padi kita di angka 490.000 ton, harapannya tidak ada penurunan di tahun ini meskipun akan menghadapi puncak musim kemarau” kata Masun, Jumat (18/08/2023).

Pihaknya selama ini sudah membangun 100 lebih sumur dalam dari target 250 sumur dalam pada 2024 mendatang. Dampak dari peningkatan kecukupan air bersamaan pembangunan jaringan irigasi itu berupa bertambahnya lahan sawah sekitar 200 hektare sehingga luasan totalnya menjadi 35.100 hektare.

Baca Juga :   Kabupaten Klaten Jadi Daerah Tercepat Dalam Penanganan Hama Wareng

“Ketersediaan jumlah pangan secara umum masih relatif aman,” tegasnya.

Selain itu, Masun juga memprediksi kemarau akan mencapai puncaknya pada September mendatang. Hujan diperkirakan mulai turun pada Oktober. Sedikit merisaukan adalah dampak El-Nino yang merupakan fenomena alami perubahan pola cuaca global.

“Produksi pada musim hujan dapat menutup kekurangan akibat kemarau panjang di bulan-bulan sebelumnya,” terang.

Sementara itu, Dia juga berharap tidak ada penurunan pada produksi jagung. Ponorogo dikenal daerah penghasil palawija di Jawa Timur.

“Selain masuk sepuluh besar daerah penyangga pangan di Jawa Timur, Ponorogo juga dikenal sebagai penghasil jagung serta palawija ” jelasnya.

Baca Juga :   UMY Kembangkan Padi Tahan Banjir

Lebih jauh, Masun mengharapkan adanya peningkatan produksi sapi perah yang sempat turun separo akibat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Produksi susu perah yang tinggal 5 juta liter per tahun diharapkan merangkak naik menjadi menjadi 7 juta liter per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.