3.100 Batang Bibit Kelapa Sawit, Siap Berlayar Menuju Belitung

oleh -28 views
3100-batang-bibit-kelapa-sawit-siap-berlay
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Pejabat Karantina Pertanian Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Pangkal Balam, pejabat Karantina melakukan pemeriksaan fisik terhadap media pembawa OPTK berupa bibit kelapa sawit sebanyak 3.100 batang yang akan dikirim ke Pulau Belitung.

Dian Sabrina, selaku Pejabat Karantina Tumbuhan melakukan pemeriksaan terhadap bibit kelapa sawit dalam keadaan sehat dan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) sebelum dilalulintaskan.

“Bibit kelapa sawit ini dinilai aman dan jauh dari jangkauan hama atau penyakit, sehingga bibit ini segera dilalulintaskan menuju Pulau Belitung” ujar Dina, di Batam, Selasa (22/08/2023).

Baca Juga :   Jelang Hari Kelapa Sedunia, Kementan Tanam Pohon Kelapa Genjah

Selain itu, turut diperiksa juga terhadap kelengkapan dokumen seperti label biru dari BPSMB sebagai jaminan mutu bibit tersebut. Untuk selanjutnya diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT12).

“Bibit ini juga cenderung lengkap mengenai dokumennya. Dengan demikian, nantinya akan diterbitkan sertifikat kesehatan untuk bibit sawit ini” pungkasnya.

Sementara itu, Herwintarti, Kepala Karantina Pertanian Pangkalpinang menambahkan, Karantina menjamin setiap komoditas pertanian yang akan diberangkatkan dari Pulau Bangka dipastikan sehat dan aman, terbebas dari OPTK sehingga aman menuju daerah tujuan.

Baca Juga :   Wapres Ma'ruf Amin Dukung Peningkatan Ekspor Komoditas Pala

“Karantina pertanian sejauh ini tengah menjamin komoditas yang diberangkatkan akan selalu sehat serta aman, dan terlengkapi semua dokumen kesehatannya. Oleh sebab itu, komoditas ini bisa berangkat ke Belitung” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.