Dikenal Sebagai Kayu Mahal, Ini Keunggulan Kayu Sengon

oleh -34 views
Lumber
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Keberadaan kayu sengon kini cukup populer di kalangan masyarakat sebagai kayu dengan harga yang cukup mahal. Pasalnya, jenis kayu tersebut memiliki kualitas yang cenderung baik dibandingkan jenis kayu lainnya.

Kayu sengon ini memiliki keunggulan tersendiri. Oleh sebab itu, kayu sengon ini cukup lembung tinggi harganya. Adapun keunggulan kayu sengon ini antara lain.

Tahan Rayap

Memiliki senyawa zat ekstaktif menjadikan jenis kayu ini tahan terhadap serangan rayap sehingga tidak mudah rusak. Hal ini menjadi salah satu keunggulan kayu sengon. Selain itu, kayu ini juga bersifat cenderung kasar pada permukaannya, sehingga kayu ini tidak cukup mudah terserang oleh rayap.

Baca Juga :   Ternyata Ini Alasan Mengapa Kita Harus Jaga Hutan

Mudah Diolah

Keunggulan selanjutnya dari kayu sengon yaitu mudah dalam mengolahnya. Hal ini dibuktikan bahwa, kayu ini memiliki karakteristik yang cenderung ringan. Selain itu, kayu ini juga memiliki tekstur yang cukup lunak jika pada usia mudanya. Oleh karena itu, kayu sengon cukup mudah diolah untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Warnanya Menarik

Kebanyakan jenis kayu biasanya memiliki warna kecokelatan, namun hal ini tidak berlaku untuk sengon. Lazimnya, kayu sengon memiliki warna kuning cenderung mengkilap dengan intensitas warnanya yang cukup cerah. Selain itu, jika memasuki masa tuanya, kayu ini memiliki warna cokelat kemerahan. Hal ini tentunya menarik serta menjadi keunggulan kayu sengon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.