Pesanan Kembang Rampe Melonjak Jelang Galungan di Bali

oleh -185 views
kembang rampe
Pelaku usaha kembang rampe di Tabanan, Bali (Panennews.com/Agung Gede)

Panennews.com – Salah satu pelaku usaha kembang rampe yang merupakan salah satu bagian dalam pembuatan canang dari daun pandan di desa Abian Tung, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali mulai kebanjiran pesanan menjelang hari raya Galungan tahun ini yang jatuh pada Rabu (2/8/2023), pekan depan.

Permintaan meningkat karena, pedagang pengecer di pasar tradisional Badung di Kota Denpasar mulai memesan kembang rampe dalam jumlah banyak dibanding hari-hari bisanya.

Kondisi ini dirasakan salah satu pengepul kembang Rampe, I Putu Diah Juliana Dewi, Sabtu (29/7/2023) menyampaikan, permintaan mulai meningkat mencapai 100 kilogram per-hari menjelang hari raya Galungan beberapa hari ke depan.

Baca Juga :   Pelaku Usaha Tahu di Badung Mengeluh Harga Kedelai Masih Tinggi

“Ya, meningkat permintaan Kemang Rampe dari daun pandan ini hingga mencapai 100 kilogram per-harinya. Sedangkan pada hari-hari biasa pesanan hanya mencapai 80 hingga 90 Kilogram per-hari,” jelasnya.

Menurutnya, melonjaknya pesanan membuat pemotongan daun pandan menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

Adapun menurut Diah, pesanan sebagian besar datang dari para pedagang pengecer di pasar tradisional Badung, Kota Denpasar.

“Permintaan kembang rampe ini sebagian besar datang dari pedagang di pasar tradisional Badung atau kota Denpasar,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan, harga jual naik sebelumnya, Rp 5000 perkilogram kini Rp 6.000 atau naik sebesar Rp 1.000 perkilogramnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.