Leuit, Lumbung Padi Simbol Ketahanan Pangan Suku Baduy

oleh -27 views
istockphoto-1531652350-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Leuit merupakan salah satu lumbung penyimpanan padi hasil panen yang terletak pada daerah pedesaan suku baduy. Lumbung padi ini termasuk ke dalam warisan budaya Indonesia tak benda.

Keberadaan leuit ini sangat bermanfaat bagi masyarakat suku baduy khususnya di sektor pertanian daerah tersebut. Pasalnya, lumbung padi ini menyimpan filosofi berupa simbol yang dalam bagi pangan Indonesia.

Secara tradisional, lumbung padi leuit ini terbuat dari balok-balok kayu hingga terlapiskan dari anyaman bambu. Model bangunan leuit ini mengusung model rumah tradisional suku baduy, tentunya ini yang menjadi perbedaan dibandingkan jenis lumbung padi lainnya.

Baca Juga :   Mentan SYL Resmikan Penggilingan Padi dan Salurkan Bantuan di Bulukumba

Selain itu, meski terbuat dari anyaman bambu serta modelnya yang cukup tradisional. Leuit ini juga dapat menyimpan padi dalam jumlah yang cukup banyak, biasanya padi tersebut dapat tertampung dalam jumlah kisaran hingga 3 ton padi atau pun 1000 ikat padi. Hal ini tentu menjadi kelebihan sementara lumbung padi ini yang mengusung konsep secara tradisional masyarakat baduy.

Sementara itu, peran leuit ini cukup bermanfaat bagi masyarakat suku baduy. Pasalnya, seusai panen raya padi di daerah tersebut pastinya menggunakan leuit tradisional ini sebagai penyimpanan padi. Lebih penting lagi, leuit atau lumbung padi ini memiliki simbol ketahanan pangan wilayah tersebut hingga negara Indonesia, karena fungsinya bisa menyimpan padi dalam jumlah yang cukup banyak secara tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.