Gerai Konsultasi Perizinan, Permudah Usaha Budidaya Di Serang

oleh -41 views
Gerai Konsultasi Perizinan Usaha Budidaya3
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut membuka gerai konsultasi perizinan berusaha untuk usaha budidaya tambak udang di Serang, Banten, Minggu (23/07/2023).

Adapun gerai tersebut merupakan salah satu upaya KKP untuk mendorong kepatuhan perizinan berusaha dan memacu peningkatan produksi udang nasional serta terciptanya iklim investasi di Indonesia.

“KKP jemput bola dengan membuka gerai konsultasi perizinan berusaha khusus untuk usaha budidaya tambak udang. Kami buka perdana di Serang, tepatnya di Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, karena Banten merupakan salah satu wilayah sebagai sentra budidaya udang dengan perairan umum yang cukup potensial”, ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu.

Baca Juga :   Kemenkop UKM Dorong Pengembangan UMKM Lokal Masuk Rantai Pasok Global

Selain itu, Tebe juga menjelaskan gerai konsultasi perizinan berusaha tersebut merupakan respon cepat KKP dalam implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kelautan dan Perikanan.

“Gerai Konsultasi Perizinan tersebut bertujuan menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perizinan dalam mengamankan investasi dan keberlanjutan usahanya. Dengan bersinergi bersama Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal mengawal pelaku usaha dalam mengurus perizinan berusaha khusus untuk usaha budidaya tambak udang,” jelas Dirjen Tebe.

Baca Juga :   Tips Budidaya Kurma Di Indonesia

Lebih lanjut, Gerai pelayanan konsultasi perizinan berusaha tersebut sebagai upaya membantu dan mempermudah para pelaku usaha dalam mengajukan perizinan berusaha khusus untuk usaha budidaya tambak udang.

“Aksi jemput bola dengan membuka perdana gerai konsultasi perizinan berusaha khusus untuk usaha budidaya tambak udang di Serang, Banten adalah sebagai salah satu langkah KKP dalam mendorong produktivitas budidaya udang pelaku usaha. Dan tentunya dengan mengawal pelaku usaha yang menghadapi kesulitan dalam mengurus perizinan, maka akan menggairahkan ekonomi sekitar serta meningkatkan pendapatan Negara. Serta meminimalisasi ruang gerak perantara atau calo pengurusan perizinan,” tutup Dirjen Tebe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.