Tips Budidaya Kurma Di Indonesia

oleh -278 views
Ilustrasi Kurma Foto pinterest
Ilustrasi Kurma - Foto : Pinterest

Panennews.com – Kurma (phoenix dactylifera) yang berasal dari negara di Timur Tengah ini sudah mampu dibudidayakan di Indonesia. Berkat ilmu pengetahuan yang mumpuni, kini tanaman buah kurma juga bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Meskipun tanaman ini sangat rumit perawatannya, bukan berarti tanaman ini tidak bisa dikembangbiakkan di Indonesia. Untuk anda yang ingin mencoba menanam pohon kurma, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Pengolahan Benih

Benih kurma berasal dari biji kurma yang bisa didapatkan dari toko pertanian atau toko penjual kurma. Pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perendaman. Rendam biji kurma dan diamkan selama 4 hari. Kedua, setelah proses perendaman selesai, siapkan gelas plastik bekas minuman dan letakkan biji kurma ditengah – tengah tisu yang sudah dibasahi untuk menjaga suhu tetap lembab. Perhatikan setiap hari, berikan sedikit air jika tisu di dalam gelas sudah kering.

Baca Juga :   Stok Buah Melimpah, Pasuruan Gelar Festival Durian Lokal Hingga 7 Hari

Setelah satu minggu, biji kurma mulai berakar dan berkecambah. Ketiga, pindahkan ke dalam polybag setelah kecambah biji kurma berumur 2 minggu. Untuk media tanam polybag, gunakan tanah dan kompos. Keempat, pohon kurma yang telah mencapai ketinggian setengah meter, pindahkan ke lahan kosong dengan jarak 7m x 7m. Gali tanah hingga kedalaman 60 cm kemudian letakkan bibit pohon kurma-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.