Sering Jadi Bahan Furniture, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Pinus

oleh -125 views
pexels-photo-296333
Foto : Pexels

Panennews.com – Keberadaan kayu pinus memang cukup populer yang kerap digunakan untuk bahan furniture. Adapun kayu pinus itu sendiri merupakan batang dari pohon pinus yang tumbuh subur di hutan tropis.

Kegunaan kayu pinus sebagai bahan furniture bukan lah tanpa sebab. Kayu ini memiliki kelebihan dan kekurangan, hal tersebut sangat jarang diketahui. Oleh karena itu, ketahuilah kelebihan dan kekurangannya.

Secara umum, kayu pinus ini mempunyai kelebihan pada tekstur kayu yang mudah dibentuk. Pasalnya, kayu ini memiliki tekstur tergolong ringan dibandingkan jenis kayu lainnya, sehingga kayu tersebut sangat mudah dibentuk. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan kayu pinus.

Baca Juga :   Kemenperin Dorong Produktivitas Industri Pengolahan Kayu Furniture

Selain itu, kelebihannya juga terdapat pada warna kayu tersebut yang dinilai menarik. Adapun warna kayu tersebut biasanya kebanyakan memiliki coklat cenderung terang dengan pola-pola halus pada sekitar permukaan kayunya. Lebih lanjut, tampilan kayu ini bisa diselaraskan dengan berbagai warna untuk dekorasi rumah, terlebih untuk bahan dasar furniture.

Sementara itu, selain memiliki kelebihan, kayu ini juga memiliki kekurangan yang salah satunya mudah rusak. Pasalnya, kayu tersebut bersifat tidak tahan lama yang ditunjukkan melalui fisik serta kekuatannya yang cenderung minim. Sehingga dengan begitu, kayu tersebut dinilai mudah rusak. Lebih jauh, kekurangannya juga terdapat pada permukaan kayu yang cenderung mudah berlubang. Lantaran kayu tersebut tidak memiliki serat-serat khusus yang terdapat pada permukaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.