Tips Mencegah Hama Hawar Daun Pada Tanaman Padi

oleh -112 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Hawar daun cukup populer dikalangan petani atau pun pembudidaya tanaman sebagai hama dan penyakit. Biasanya jenis hama ini dapat menyerang berbagai macam jenis tanaman, salah satunya yaitu pada tanaman padi.

Tanaman padi yang terserang penyakit ini dapat menyebabkan gagal panen hingga kematian pada tanaman. Agar tidak terjadi hal tersebut, maka dibutuhkan tips untuk mencegah hama tersebut menyerang.

Adapun tips pertama dalam mencegah hama hawar daun yaitu salah satunya menanam varietas bibit padi yang tahan terhadap serangan hama, biasanya bibit padi dapat disesuaikan pada situasi lahan lembab maupun kering. Hal ini jadi salah satu pengendalian dan pencegahan tanaman padi terserang hama hawar daun.

Baca Juga :   Awal Tahun Ini, Alokasi Pupuk Subsidi Di Bojonegoro Alami Penurunan

Selain itu, bibit padi yang ditanam juga disarankan tidak terlalu rapat, hal ini agar nantinya tanaman padi memiliki jarang yang cukup luas. Oleh karena itu, pada jarak luas tersebut menjadikan hama hawar daun cukup kecil penyebarannya pada tanaman padi.  Adapun biasanya dalam penanaman padi hal ini disarankan menggunakan sistem penanaman padi jajar legowo yang memiliki jarak pada penanaman tersebut.

Lebih lanjut, berikan juga tanaman padi pupuk dengan nutrisi seimbang dan ampuh dalam pengendalian hama, biasanya pupuk tersebut dinilai ampuh menggunakan pupuk jenis NPK. Lebih jauh, agar pencegahan lebih maksimal, semprotkan tanaman padi menggunakan bakterisida. Hal ini agar tanaman padi terhindar dari hama dan penyakit yang mengganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.