Ketahui Keunggulan Eceng Gondok Sebagai Pakan Alami Ikan

oleh -15 views
water-hyacinth
Foto : Pixabay.com

Panennews.com – Eceng gondok merupakan salah satu tumbuhan gulma yang biasanya dapat ditemukan mengapung pada air. Tumbuhan ini memang memiliki manfaat tersendiri bagi lingkungan sekitar yang salah satunya bisa jadi pakan alami ikan.

Pemanfaatan eceng gondok sebagai pakan ikan bukan hanya hisapan jempol belaka, namun dibelakangnya memiliki keunggulan yang sangat jarang orang mengetahuinya dan keunggulan tersebut memang cukup terbilang banyak.

Secara umum, eceng gondok memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh beberapa jenis ikan, kandungan nutrisi tersebut berupa bahan kering, serat kasar, protein kasar, kadar abu, hingga kandungan karbohidrat dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi yang banyak tersebut menjadikan keunggulan sebagai pakan alami ikan.

Baca Juga :   KKP Beri Bantuan 1,6 Ton Ikan Beku Ke Korban Gempa Di Sumedang

Selain itu, keunggulannya juga terletak pada teksturnya yang cukup empuk sehingga sangat mudah dicerna oleh beberapa jenis ikan, biasanya eceng gondok menyajikan tekstur renyah yang disinyalir membuat ikan menyukainya. Oleh karena itu, hal ini lah yang menjadi salah satu keunggulan eceng gondok sebagai pakan alami ikan.

Lebih lanjut, eceng gondok juga sangat mudah diolah dan dijadikan apa saja sebagai pakan alami ikan, biasanya pengolahan eceng gondok sebagai pakan alami ikan ini bisa melalui fermentasi, kering, atau ditepungkan dan proses pengolahannya pun cukup mudah. Hal ini tentunya jadi keunggulan selanjutnya pemanfaatan eceng gondok sebagai pakan alami ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.