Dawet Sambel, Kuliner Lokal Khas Kulon Progo Bercita Rasa Gurih

oleh -67 views
istockphoto-1480231582-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mempromosikan kuliner lokal dengan mencoba memasak makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu Dawet Sambel saat menghadiri Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Taman Budaya Kulon Progo, Senin (29/05/2023).

Jika selama ini masyarakat mengenal dawet yang disajikan dengan santan, es batu, serta gula merah bercita rasa manis, maka hal ini berbeda dengan dawet sambel. Dawet sambel merupakan varian dawet yang memiliki cita rasa gurih.

Baca Juga :   Kasilog Korem 161 Wira Sakti Kupang Minta Anggota TNI Kolaborasi Dengan Masyarakat Budidayakan Kelor

Lebih lanjut, tampilannya mirip seperti soto ayam karena diberi kecambah. Ciri khas kuliner ini adalah sambalnya yang terbuat dari daging buah kelapa yang digoreng kering lalu dibubuhi dengan cabai.

Selain itu, Dawet khas Kulon Progo ini juga berisi adonan dawet yang terbuat dari tepung beras. Kemudian di atasnya ditambahkan kecambah pendek, taburan bawang merah, irisan kubis, sambal kacang, dan sedikit gula merah cair serta santan.

Sementara itu, usai membuat dawet sambel bersama Pj Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, Menparekraf Sandiaga mengungkapkan kuliner unik ini merupakan representasi dari subsektor ekonomi subsektor unggulan di Kulon Progo, yaitu kuliner.

Baca Juga :   Lomba Kreasi Pangan Lokal, Dorong Inovasi UMKM Kuliner Di Kendal

“Karena Kulon Progo ini sangat dekat dengan destinasi pariwisata super prioritas Borobudur, ini merupakan kabupaten kreatif yang mengunggulkan kuliner sebagai subsektor unggulannya yang diharapkan bisa menopang destinasi super prioritas,” tutup Sandiaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.