Barantan Semarang Dorong Ekspor Lada Putih Ke Sejumlah Negara

oleh -10 views
Lada
Foto : Unsplash

Panennews.com – Indonesia dikenal sebagai negara pengekspor rempah, salah satunya adalah lada putih. Lada putih termasuk salah satu komoditas unggulan ekspor Kota Semarang.

Adapun Kepala Karantina Pertanian Semarang, Turhadi Noerachman menyebutkan pangsa pasar lada yang akan diekspor meliputi negara Vietnam, Cina, Taiwan, Jepang, Australia, India, Nepal, Malaysia, Amerika Serikat, Hongkong, Perancis dan Mesir.

“Potensi pasar ekspor lada putih cukup tinggi, sampai dengan April 2023 kami mencatat sertifikasi ekspor lada mencapai 35,7 ton dengan nilai Rp. 3 miliar. Ada kenaikan lebih dari 300 persen dari tahun 2022 yang hanya mencapai 10 ton dengan nilai Rp. 1 miliar,” ujar Turhadi melalui keterangan persnya Sabtu (27/05/2023).

Baca Juga :   KKP Catat 195 Kali Dalam Sebulan Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan dari Medan

Selain itu, Turhadi juga menyebutkan tingginya permintaan pasar tentu akan berpengaruh pada nilai jual yang menguntungkan petani. Hal ini akan menjadi peluang pengembangan budidaya lada putih di Jawa Tengah.

Lebih lanjut, pada pekan lalu pejabat Karantina Semarang melaksanakan serangkaian tindakan karantina terhadap 15 ton lada putih dengan nilai hamper mencapai Rp1 miliar sebelum dilalulintaskan ke Taiwan.

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui lada putih yang memiliki nama latin Piper nigrum itu sehat, bebas serangga target, aman dikonsumsi dan siap berlayar ke negeri Formosa setelah diterbitkan dokumen Phytosanitary Certificate.

“Penerbitan Phytosanitary Certificate merupakan jaminan komoditas tersebut akan diterima ke negara tujuan. Karantina Pertanian Semarang terus mendukung akselerasi ekspor komoditas pertanian melalui program unggulan gerakan peningkatan tiga kali ekspor komoditas pertanian,” imbuh Turhadi.

Baca Juga :   Sulsel Surplus Beras, Presiden : Harap Segera Distribusikan

Lebih jauh, lada putih termasuk rempah banyak manfaat, tentunya ke depan permintaan semakin berkembang.

“Karantina Pertanian Semarang terus memperkuat percepatan ekspor lada putih dan komoditas pertanian lainnya agar semakin dikenal, mendunia dan merambah ke beberapa negara lainnya,” tutup Turhadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.