Temanggung Siapkan Pasokan Cabe Dan Bawang Jelang Puasa

oleh -49 views
IMG-20230227-WA0050
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo senantiasa mengarahkan jajarannya agar fokus memantau ketersediaan cabe merah, bawang merah dan bawang putih menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Dari hasil kunjungan ke Temanggung, diketahui bahwa produksinya aman dan mampu menyokong kebutuhan khususnya untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

Berdasarkan prognosa produksi dan neraca nasional, stok kumulatif bawang merah sampai April 2023 masih surplus.

Adapun salah satu lokasi yang dikunjungi antara lain Kecamatan Tlogomulyo, Ngadirejo dan Bulu yang menanam cabe rawit merah ORI 212 dan cabe rawit lokal Sala’an.

“Ketiga kecamatan tesebut adalah penghasil terbesar di Temanggung. Namun secara umum seluruh kecamatan di Temanggung sudah ditanami cabe rawit merah,”. Ungkap Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung Sumarno, Rabu, (01/03/2023).

Baca Juga :   Menko Airlangga Dorong Potensi Industri Kelapa Sawit Untuk Kesejahteraan Rakyat

Menurut Sumarno, pasokan cabe rawit merah di Temanggung menjelang Maret – April 2023 aman dan mencukupi. Total luas penanaman cabe rawit merah di Kecamatan Tlogomulyo mencapai 832 ha.

“Kebutuhan untuk menyemai juga meningkat dibanding tahun sebelumnya. Luas lahan cabe merah yang dimilikinya mencapai 1.000 meter2 dengan produksi 1,7 ton. Dipredikasi produktivitasnya berkisar 8 – 12 ton/ha,” ujarnya.

Sementara itu, Harga cabe rawit merah varietas ORI 212 di tingkat petani saat ini Rp 44 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp 17 ribu/kg. Sementara cabe merah keriting OR 42 Rp 25 ribu/kg di gudang pengumpulan yang berada Kelurahan Mungseng, Kecamatan Temanggung.

Baca Juga :   Teknologi Proliga, Jadi Upaya BRIN Dongkrak Produksi Bawang Merah

Lebih lanjut, Sukarman mengatakan bahwa harga bawang merah tengah mengalami penurunan harga. Harga jual tingkat pedagang sekarang hanya Rp 14 ribu/kg yang awalnya Rp 20 ribu/kg.

Rombongan turut mengecek pertanaman bawang putih di Desa Petarangan yang berada di Kecamatan Kledung yang dimiliki penangkar benih, Tito Cantoko. Dirinya menargetkan mampu memiliki stok bawang putih sejumlah 150 ton yang diperuntukkan untuk benih.

“Luas pertanaman bawang putih di Desa Petarangan sekitar 630 hektare. Produksi 1 hektare bisa mencapai 6-7 ton. Varietas di Temanggung adalah Lumbu Kuning, Lumbu Hijau dan Geol. Harga bawang putih basah Rp. 12.500/kg dan Rp 25 ribu/kg dan sebagiannya akan diperuntukkan untuk benih,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.