Ikan Remora, Spesies Biota Laut Sahabat Hiu Di Perairan Tropis

oleh -444 views
Remora (Echeneidae) Sri Lanka Indian Ocean
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan remora merupakan salah satu jenis biota laut yang keberadaannya ada pada perairan tropis. Biasanya habitat ikan ini tersebar di lautan terbuka hingga pesisir pantai dengan spesiesnya yang cukup banyak.

Ikan tersebut mempunyai nama Ilmiah Remora Remora yang masih termasuk ke dalam suku famili dari Echeneidae. Namun, spesies ikan remora juga banyak dikenal dengan sebutan ikan suckerfish.

Secara morfologi, ikan ini memiliki panjang tubuh berkisar antara 62 cm yang terdapat pada jenis jantannya, sedangkan jenis betinanya mempunyai ukuran panjang tubuh berkisar 55 cm. Adapun warna dari jenis ikan remora ini mempunyai warna silver, biasanya warna tersebut akan berubah ketika beranjak dewasa menjadi warna silver namun cenderung abu.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Optimis Kampung Budidaya Cisilad Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Lebak

Selain itu, ikan tersebut juga terdapat sirip punggung berbentuk oval dengan dilengkapi struktur saluran penghisap, biasanya saluran penghisap ini dipercayai mampu menghisap kulit hewan laut yang lebih besar. Adapun cakram penghisap pada ikan tersebut tumbuh dengan bentuknya cenderung mirip dengan sol yang ada dibawah sepatu.

Sementara itu, ikan remora ini bukan lah termasuk salah satu ikan parasit namun spesies mereka selalu menempel pada ikan hiu, meski begitu ikan hiu pun tidak diuntungkan atau dirugikan. Mereka menjalin hubungan dalam mencari makanannya sehingga menjadi salah satu sahabat terbaik ikan hiu, hal ini disebut simbiosis komensalisme yang terdapat dalam biota laut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.