Jaga Produksi Ikan Tetap Segar, NTB Fasilitasi Pengadaan Cold Storage

oleh -68 views
Asisten 2 Nurhandini Eka Dewi
Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB dr. Nurhandini Eka Dewi. (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Potensi sektor perikanan di Provinsi NTB sangat melimpah. Namun masih terkendala oleh terbatasnya sarana pendukung industri perikanan. Salah satunya cold storage atau fasilitas ruang pendingin ikan untuk menjaga kesegaran ikan.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Senin (6/3/2023) mengatakan, kehadiran cold storage di setiap titik distribusi sangat dibutuhkan guna menjaga kesegaran ikan lebih lama sampai ke tangan pembeli.

Menurutnya, agar industri berkembang dengan baik, maka seharusnya ikan hasil tangkapan disimpan dalam keadaan baik.

Baca Juga :   KKP Tingkatkan Kapasitas Enumerator Pendata Kajian Stok Ikan

Bisa disimpan dengan baik dalam waktu yang panjang tentu saja membutuhkan ruang pendingin dan dibekukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kata Eka, cold storage sangat dibutuhkan terlebih lagi saat hasil tangkapan nelayan melimpah di tempat pelelangan.

Hasil tangkapan ini, lanjut Eka, tentu tidak bisa dibawa seluruhnya untuk didistribusikan sehingga dibutuhkan ruang pendingin untuk menjaga kesegarannya lebih lama lagi.

Eka menambahkan, untuk ikan dengan kategori besar dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai di konsumen sehingga dibutuhkan cold storage.

“Kita berupaya agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi perhatian ini, cold storage ini harus didukung dengan blue print pola pemberdayaan masyarakat di sektor perikanan,” ujarnya.

Baca Juga :   Lindungi Nelayan, KKP Siapkan Aturan Penangkapan Benih Lobster

Blue print ini, kata dia, juga diperlukan karena bersifat spesifik. Saat ini Pemprov NTB telah membuat hal serupa dari sektor pertambangan dan telah dipersyaratkan dalam Undang-Undang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.