Baobab, Spesies Pohon Hutan Tropis Tertua Di Dunia

oleh -61 views
tree-6880117__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Baobab merupakan salah satu spesies pohon hutan yang habitatnya ada pada hutan tropis maupun sub tropis. Biasanya spesies pohon ini terletak pada dataran rendah yang tumbuh secara besar dan subur.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Adansonia Digitata yang masih termasuk ke dalam suku keluarga dari Angiospermae. Adapun di Indonesia pohon ini memiliki banyak sebutan yang dikenal dengan nama pohon asem buto.

Secara morfologi, pohon baobab ini tumbuh secara besar dengan ukuran tinggi yang berkisar antara 25 meter dan berdiameter batang berkisar 10 meter, biasanya batang dari pohon ini memiliki permukaan kasar yang dapat menyimpan air atau makanan cadangannya. Adapun batang tersebut memiliki akar sampai bawah yang biasanya akar ini berbentuk serabut panjang.

Baca Juga :   Cegah Karhutla, Legislator Dorong Pendekatan Kearifan Lokal

Selain itu, pohon ini juga dilengkapi dengan daun berwarna hijau cenderung tua, biasanya daun tersebut memiliki ukuran yang berkisar antara 7 cm dengan diameter lebarnya berkisar antara 5 cm. Biasanya daun tersebut dapat tumbuh secara berhadapan diantara ranting hingga batangnya.

Sementara itu, pohon ini merupakan salah satu spesies pohon hutan tertua di dunia. Pasalnya, pohon baobab dipercayai dapat hidup hingga kisaran 5.000 tahun lamanya. Lebih lanjut, dengan demikian pohon ini banyak dikenal oleh kalangan masyarakat luas sebagai pohon tertua di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.