Mengenal Brotowali, Dengan Daunnya Yang Bermanfaat

oleh -179 views
Tinospora crispa (L.) Herp of Thailand
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Brotowali merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang biasanya tumbuh subur pada wilayah iklim tropis. Tanaman brotowali ini banyak ditemukan tumbuh secara liar di pekarangan rumah maupun pada pinggir jalan.

Tanaman dengan nama Ilmiah Tinospora Crispa L. ini masih termasuk ke dalam Genus Tinospora. Namun, spesiesnya tersebut masih tergabung ke dalam suku famili dari Manispermaceae.

Secara morfologi, tanaman brotowali dapat tumbuh tinggi hingga mencapai kisaran antara 5 – 7 meter dengan besar batangnya berdiameter kisaran 10 cm, batang dari tanaman ini memiliki warna cenderung coklat. Biasanya batang tersebut mempunyai permukaan kasar pada bagian belakangnya, sedangkan bagian depan batang ini memiliki bintik hijau.

Baca Juga :   Tunjang Ekonomi Pertanian, Sekda Badung Serahkan 10 Unit Traktor Di 9 Subak Dan 1 Kelompok Tani

Selain itu, tanaman tersebut juga memiliki daun yang bersifat majemuk dan menebal pada pangkal hingga ujungnya, biasanya daun tersebut mempunyai warna hijau cenderung terang. Adapun ukuran panjang daun brotowali ini mempunyai ukuran berkisar antara 7 – 12 cm, sedangkan lebar daun tersebut berkisar antara 5 hingga 10 cm.

Sementara itu, daun tersebut memiliki rasa yang pahit namun tersimpan banyak kandungan seperti tannin, saponin, alkaloid, flavonoid, dan juga senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Lebih lanjut, dari kandungan daun brotowali ini disinyalir dan dipercayai dapat menyembuhkan berbagai keluhan jenis penyakit, hal tersebut tentunya sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.