Komoditas Pertanian Makin Berdaya Saing Di Pasar Ekspor

oleh -37 views
94WhatsApp Image 2023-02-22 at 11.37.01
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Bambang menyebutkan bahwa tren positif peningkatan ekspor pertanian di tahun 2022 dicapai berkat adanya peningkatan pada beberapa komoditas unggulan sektor pertanian yang telah diprogramkan oleh direktorat jenderal teknis dilingkup Kementerian Pertanian.

Dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ekspor pertanian pada tahun 2022 tumbuh sebesar 10,52 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya. Ekspor pertanian Januari – Desember 2022 mencapai US$ 4,89 Miliar. Sementara periode yang sama pada tahun 2021 tercatat senilai US$4,24 Miliar saja.

“Sesuai tugas strategis yang diberikan pak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, red Barantan mengawal tiap komoditas yang dilalulintaskan di pasar global,”. Ungkap Bambang saat bertemu dengan insan media, Rabu (22/02/2023) di Jakarta.

Baca Juga :   Perdana, Kementan Lepas Ekspor Kopra Hitam 46,24 Ton Ke Bangladesh

Pada acara yang digelar dalam rangka memperkuat sinergi, komunikasi dan menjalin silaturahmi dengan insan media ini, Bambang juga menyampaikan capaian dan refleksi kinerja jajarannya pada tahun sebelumnya.

“Kita berhasil mengharmonisasikan aturan teknis pada komoditas porang, nanas dan buah naga untuk pasar Tiongkok. Semoga peluang ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha, karena protokol ekspor sudah siap,”. Ungkap Bambang lagi.

Lebih lanjut, Untuk komoditas pertanian lainnya dengan nilai ekonomi yang cukup signifikan, Bambang juga memaparkan perkembangan ekspor Sarang Burung Walet sebanyak 19% dari total 1,502 ton SBW tanah air yang masuk ke pasar Tiongkok dan selebihnya laris di 23 negara lainnya.

Baca Juga :   Pompa Hidran Bantuan TNI Sangat Membantui Petani di Kabupaten Manggarai, NTT

“Dengan persyaratan ekspor yang cukup ketat, sebanyak 33 eksportir mampu memenuhinya. Dan tentunya kami berkepentingan untuk menambah jumlah eksportir yang bisa lolos dengan memberikan pendampingan dan pengawasan,”. Tutur Bambang.

Sementara itu, AM Adnan, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati juga menyampaikan info terkini terkait komoditas pertanian yang tengah bersiap memasuki pasar ekspor baru.

“Salah satunya mangga ke Jepang, negosasi teknis telah memasuki tahap akhir, semoga tahun ini mangga kita sudah dapat tembus ke pasar ekspor,”. Tutup Adnan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.