Paus Bungkuk, Populasinya Menyebar Di Seluruh Lautan

oleh -144 views
A happy whale breaches in the pacific ocean
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Paus bungkuk merupakan salah satu biota laut yang mempunyai bentuk badan cenderung besar. Biota laut ini biasanya sering melompat-lompat pada habitat aslinya di perairan hingga mencapai wilayah daratan.

Spesies paus bungkuk mempunyai nama Latin Megaptera Novaeangliae yang masih termasuk ke dalam Genus Megaptera. Spesiesnya tersebut masuk juga ke dalam famili Balaenopteridae yang masih berkerabat dengan spesies paus biru.

Secara morfologi, biota laut ini mempunyai bentuk badan besar hingga mencapai berat kisaran antara 38.000 kilogram, sedangkan ukuran panjang paus bungkuk ini bisa mencapai berkisar antara 12 – 20 meter. Adapun penampilannya dapat dikenali dengan sirip dada panjang dan kepalanya yang cenderung lebih menonjol dibandingkan paus jenis lainnya.

Baca Juga :   Komisi IV Minta KKP Perketat Penyelundupan Benih Lobster

Selain itu, kepalanya juga dipenuhi totol-totol besar dengan warnanya hitam cenderung putih, biasanya totol besar tersebut juga berada pada bagian bawah tubuhnya. Adapun umumnya warna tubuh dari biota laut ini didominasikan oleh warna hitam dan juga putih, namun biasanya terdapat juga corak putih pada bagian sirip dada, tubuh samping, dan juga pada ekornya.

Sementara itu, habitat dari paus bungkuk ini terdapat pada perairan yang dimulai dari Samudra Pasifik Utara, Samudra Atlantik, dan juga Samudra Utara. Lebih jauh, namun populasinya saat ini seiring banyaknya spesies mereka berkembang biak dan bermigrasi dengan cepat, maka populasinya hingga menyebar pada seluruh lautan penjuru dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.