Mengenal Pohon Kauri, Dari Ciri Hingga Habitatnya

oleh -219 views
kauri-76__340
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon kauri merupakan salah satu spesies pohon besar yang mempunyai usia tumbuh hingga puluhan tahun. Jenis pohon ini biasanya dapat ditemukan keberadaannya pada wilayah iklim tropis.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Agathis Borneensis W. ini masih termasuk dalam kategori famili suku Araucariaceae. Pohon ini dapat tumbuh subur pada tanah dataran rendah hingga dataran tinggi.

Secara morfologi, ciri-ciri pohon tersebut mempunyai tinggi berkisar antara 50 meter dengan diameter pohon tersebut hingga mencapai kisaran antara 16 meter, biasanya batang dari pohon ini berukuran 11 meter. Adapun warna batang pohon kauri ini mempunyai warna coklat cenderung terang jika masih muda, sedangkan usia tuanya terdapat warna coklat lebih gelap.

Baca Juga :   DPR RI Dukung Ketahanan Pangan dengan Prinsip Kelestarian

Selain itu, pohon ini juga terdapat daun dengan ukuran panjang berkisar antara 3 – 7 cm dengan lebarnya kisaran antara 1 cm. Biasanya daun tersebut mempunyai serat halus pada permukaan depannya, sedangkan daun belakang terdapat permukaan yang cenderung kasar. Adapun warna dari daun pohon kauri ini yaitu hijau cenderung muda.

Sementara itu, pohon kauri ini penyebarannya cukup luas hingga tersebar pada wilayah Asia dan Australia, biasanya sebaran mereka tersebut mempuyai habitat mulai dari Quensland, Pulau Utara, Indonesia, hingga beberapa daerah di Filipina. Namun, di Indonesia spesies mereka cukup banyak ditemukan habitatnya pada hutan-hutan Pulau Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua bagian timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.