Komitmen Pemerintah Kembangkan Pariwisata Di Indonesia

oleh -75 views
20221221232314-2022-12-21posts232308
Foto : Kemenmarves

Panennews.com – Kemenko Marves menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Semester 2 Tahun 2022 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan di Kaldera, Toba pada Rabu (21-12-2022).

Adapun tema Rakornas kali ini yaitu “Bangga Berwisata di Indonesia: Penguatan Peran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Rakornas diadakan sebagai bahan evaluasi kinerja pariwisata tahun 2022 untuk mendorong dan meningkatkan wisatawan nusantara khususnya pada lima DPSP, yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Adapun ekonomi Indonesia diperkirakan mampu tumbuh di atas 5 persen pada 2023. Hal ini dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nasional ke luar negeri sehingga dibutuhkan langkah-langkah untuk mengantisipasi hal ini.

“Dalam rangka pengembangan 5 DPSP, kami akan kembali melakukan rapat di Jakarta. Kami juga akan mengajak seluruh investor untuk terlibat dan mementingkan aspek lingkungan. Kedua, dia harus membina UMKM daerah dan seluruh Indonesia terutama 5 DPSP. Ketiga masalah kebersihan, yang harus diperhatikan dengan melakukan berbagai pola termasuk pembangunan RDF (Refuse Derived Fuel) yang dikerjasamakan dan Keempat saya minta kepada para Bupati agar memprioritaskan mengenai pendidikan yang sangat penting,”. Ungkap Menko Luhut.

Baca Juga :   Manfaatkan Platform Digital, Produk UMKM Bogor Binaan KKP Tembus Pasar Malaysia dan Singapura

Selain itu, Menko Luhut juga menyarankan kepada seluruh UMKM yang ada di daerah tidak hanya menyediakan makanan ataupun pakaian, namun juga menyediakan berbagai jenis barang lainnya yang dapat ditawarkan kepada masyarakat, seperti teknologi dan sebagainya.

Sementara itu, hadir pula Menteri Pariwisata dan Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pada 2023 mendatang, Kemenparekraf telah menyusun beberapa program pengembangan destinasi dan infrastruktur yang meliputi 3A (Atraksi, Akses, dan Amenitas), desa wisata, infrastruktur ekonomi kreatif, pengelolaan sampah, fasilitas BOP, bimtek destinasi, dan pendampingan assesment DAK bidang Pariwisata.

Baca Juga :   Pacuan Kuda Sumbawa Pertawankan Tradisi dan Promosi Wisata

“Tiga capaian utama pengembangan lima DPSP tahun 2022 meliputi penguatan aksesibilitas dan amenitas berupa pembangunan infrastruktur fisik berupa jalan, bandara, pelabuhan, sanitasi, air bersih, dan penataan kawasan oleh Kementerian PUPR. Kemudian, pengembangan ancillary yang meliputi tersusunnya pengelolaan dan pemanfaatan aset. Per 7 Desember 2022, telah diserahterimakan dua aset KSPN Labuan Bajo. Selain itu, capaian lainnya adalah pengembangan atraksi yang meliputi kolaborasi penyelenggaraan event internasional balap F1 powerboat di Danau Toba yang akan dilaksanakan pada Februari 2023,”. Ungkap Menteri Sandiaga Uno.

Lebih jauh, Menparekraf Sandiaga Uno juga menambahkan bahwa pada tahun 2023 akan ada berbagai event nasional maupun internasional, seperti F1H2O yang dilaksanakan di Danau Toba, Asean tourism Forum 2023 di Borobudur, MXGP di Mandalika, Parade Pesona Kebangsaan di Labuan Bajo, dan Likupang Tourism Festival 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.