Ternyata Ini Alasan Mengapa Kita Harus Jaga Hutan

oleh -92 views
Ilustrasi Hutan
Ilustrasi Hutan - Foto : Freepik

Panennews.com – Hutan merupakan salah satu ekosistem yang terdiri atas pohon-pohon besar atau tumbuhan secara lebat. Hutan tersebut juga merupakan salah satu tempat habitat beraneka ragam jenis hewan.

Penyebaran hutan di Indonesia bukan lah tanpa alasan, keberadaannya membawa dampak yang besar bagi seluruh makhluk hidup. Oleh karena itu, pentingnya kita harus menjaga hutan. Namun, sebagian kalangan masyarakat belum mengetahui alasan mengapa kita harus menjaga hutan, adapun ini lah alasan mengapa kita harus menjaga hutan.

Sebagai Paru-Paru Dunia

Baca Juga :   Jaga Kelestarian Lingkungan Hutan, Jatim Gencar Lakukan 3R

Hutan merupakan pemasok oksigen paling besar di permukaan bumi. Pasalnya, hutan tersebut memiliki aneka ragam tumbuh-tumbuhan yang dinilai mempunyai daya serap tinggi. Tentunya oksigen yang dihasilkan hutan sangat berkualitas untuk seluruh makhluk hidup di muka bumi, hal ini lah menjadi salah satu alasan mengapa kita harus jaga hutan.

Sumber Keanekaragaman Hayati

Hutan terdapat berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang menjadi sumber ke anekaragaman hayati bagi manusia, biasanya tumbuhan tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk dijadikan obat-obatan. Selain itu, tumbuhan tersebut juga terdapat buah yang bisa dikonsumsi oleh manusia, sehingga dengan begitu hal tersebut jadi alasan kenapa harus menjaga hutan.

Baca Juga :   Bengkirai, Jenis Kayu Hutan Kalimantan Mudah Dibentuk

Menjaga Kesuburan Tanah

Alasan selanjutnya mengapa kita harus menjaga hutan yaitu hutan dinilai memiliki potensi untuk menyuburkan tanah. Pasalnya, hutan memiliki bagian permukaan tanah yang berfungsi sebagai sumber humus, sehingga dipercayai dapat membuat subur tanah. Selain itu, hutan dengan berbagai tumbuh-tumbuhannya juga sangat membantu menjaga kesuburan tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.