Rintangan Budidaya Ikan Guppy, Begini Cara Mengatasinya

oleh -28 views
fish-235777__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bagi anda pecinta ikan hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan guppy. Ikan tersebut oleh sebagian orang saat ini telah dipelihara dan dibudidayakan karena tampilannya yang tergolong indah.

Dalam budidaya ikan guppy sebenarnya cukup mudah, namun untuk mencetak guppy yang unggul itu relatif sulit. Terkadang dalam budidayanya pun tidak berjalan mulus, pasti ada beberapa rintangan yang harus diwaspadai. Adapun rintangan tersebut diantaranya.

Terserang Penyakit

Ikan guppy yang diserang berbagai jenis penyakit tentunya sangat menganggu produktivitas budidaya ikan tersebut, sehingga hal ini menjadi salah satu rintangan dalam budidaya ikan guppy. Adapun cara mengatasi dan mengantisipasi dari rintangan ini yaitu dengan memberikan pakan bernutrisi seimbang, memberinya vitamin, dan juga menguras habitat dan menjaga air tetap bersih.

Baca Juga :   Ikan Tongkol Dan Cakalang Dikira Sama, Ternyata Ini Perbedaannya

Mudah Stres

Ikan jenis ini pun sering mudah terkena stres yang diakibatkan oleh beberapa hal seperti air keruh, biasanya ikan yang terkena stres dapat menjadi rintangan dalam budidayanya. Selain itu, ikan stres pun tentunya sangat menganggu dalam mencetak bibit-bibit unggul. Adapun cara mengatasinya dengan memberikan ornamen-ornamen atau penghias pada habitatnya, sehingga ikan tersebut tidak mudah stres.

Cepat Mati

Biasanya usia normal ikan guppy pada saat budidayanya dapat berkisar antara 24 bulan dalam perawatan secara maksimal. Namun, jika ikan guppy tidak mencapai usia tersebut dinyatakan cepat mati. Hal ini menjadi salah satu rintangan dalam budidaya guppy, adapun cara mengatasinya yaitu dengan melakukan pemberian pakan teratur dan juga vitamin agar produktivitasnya tetap maksimal dan cenderung sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.