Ikan Tongkol Dan Cakalang Dikira Sama, Ternyata Ini Perbedaannya

oleh -1,252 views
Ikan Cakalang
Foto : Japan Times

Panennews.com – Bagi anda pecinta kudapan ikan tentunya mengira bahwa ikan tongkol dan ikan cakalang ini mempunyai jenis yang sama. Namun, dibalik tekstur dan bentuk ikan yang sama, tongkol dan cakalang tentunya berbeda.

Keduanya tersebut berasal dari keluarga Scombridae yang termasuk pada jenis ikan tuna. Kedua jenis ikan ini memang sangat sulit dibedakan, tapi jika diperhatikan dengan cara seksama akan terlihat perbedaan keduanya.

Secara fisik, jenis ikan tongkol mempunyai tubuh berwarna biru cenderung gelap terdapat pola garis unik dibagian punggung dan bagian atasnya. Jenis tongkol berukuran panjang paling kecil berkisar antara 30 cm, sedangkan tongkol dewasa mempunyai sekitar 60 cm panjangnya.

Baca Juga :   Intip Yuk Cara Pembuatan Hampang Disini

Selain itu, tekstur dagingnya tongkol mempunyai daging yang dikenal lebih kasar. Hal ini dapat memberikan rasa tidak nyaman bagi setiap orang yang mengkonsumsinya, terlebih orang itu tergolong sensitif. Adapun dari segi masakan ikan jenis tongkol ini bisa diolah menjadi pepes, semur, gulai bahkan olahan kudapan yang lezat lainnya.

Sementara itu, jenis ikan cakalang jika melihat dari segi penampilannya cenderung mempunyai warna perak yang lebih gelap dan terdapat garis hitam membentang pada bagian perut bawah hingga atas tubuhnya. Adapun cakalang mempunyai ukuran 23 – 42 cm, berdasarkan dari ukuran tentunya ikan cakalang ini lebih besar daripada ikan tongkol.

Baca Juga :   Mau Budidaya Ikan Gurame, Simak Cara Perawatannya Di Sini

Lebih lanjut, cakalang mempunyai tekstur daging yang lebih halus dibanding tongkol. Tidak hanya dari tampilan dan tekstur dagingnya saja, tapi cakalang pun lebih ramah dikantong. Adapun cakalang ini dapat diolah menjadi gulai, balado, dan terkadang cakalang menjadi santapan khas yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat daerah Maluku dan Sulawesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.