Ketahui Ciri-Ciri Bibit Ikan Yang Berkualitas Untuk Budidaya

oleh -362 views
istockphoto-603907494-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Dalam budidaya ikan tentunya kita harus memilih terlebih dahulu bibit ikan yang berkualitas. Hal tersebut dilakukan agar bibit yang akan dibudidayakan dapat tumbuh baik, sehat, dan sangat berkualitas.

Dengan demikian, pemilihan bibit unggul serta berkualitas sangat diperlukan dengan mengetahui ciri-ciri bibit unggul tersebut. Namun sayangnya, banyak dari kalangan masyarakat tidak mengetahui ciri bibit berkualitas tersebut, adapun bibit berkualitas dapat dikenali dengan ciri-ciri yang diantaranya.

Kesamaan Benih

Ciri bibit ikan berkualitas dapat diketahui dengan menyamakan benih antara ukuran dan warna pada tubuh ikan, biasanya bibit dinilai berkualitas jika mempunyai ukuran panjang tubuh dan lebar tubuhnya yang sama. Selain itu, tingkat warnanya pun cenderung lebih terang, hal ini dipercayai bahwa ikan tersebut mempunyai kualitas yang unggul.

Baca Juga :   Waspadai, Ciri-Ciri Ini Pertanda Ikan Arwana Stres

Tahan Dengan Arus

Ciri selanjutnya yaitu bibit ikan dinilai tahan akan arus air, bibit yang mampu menahan derasnya arus dinilai mempunyai daya tahan yang cenderung kuat. Selain itu, bibit yang bisa menahan arus air juga termasuk bibit yang sehat, sehingga dinilai dan tergolong sebagai bibit berkualitas.

Sehat Fisiknya

Bibit yang cenderung berkualitas tentunya bisa diketahui dengan melihat kondisi fisik ikan, ikan harus lengkap secara fisiknya yang seperti kepala, sirip, insang, bahkan sisiknya pun harus ada. Jika hilang salah satunya, maka ikan tersebut dinilai sudah tidak berkualitas. Selain itu, kondisi fisiknya pun tergolong sehat, sehingga dinilai menjadi bibit yang berkualitas dan aman untuk dibudidayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.