Buah Merah, Buah Endemik Papua Kaya Antioksidan

oleh -33 views
istockphoto-1139157960-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Buah merah merupakan salah satu jenis buah dari tanaman endemik asli Indonesia dari wilayah Papua. Buah ini memiliki potensi besar pada wilayah tersebut untuk membangkitkan perekonomian.

Buah tersebut mempunyai nama Ilmiah Pandaneus Conoideus ini masih termasuk ke dalam rumpun famili Pandanaceae. Uniknya, kebanyakan masyarakat pada daerah Papua menyebut buah ini dengan sebutan buah merah.

Secara morfologi, buah tersebut memiliki bentuk cenderung panjang yang panjangnya dapat berkisar antara 55 cm berdiameter 10 – 15 cm, sedangkan bobotnya bisa mencapai kisaran 2 – 3 kilogram. Buah ini pun punya tekstur empuk yang terdapat pada buah matangnya, sedangkan buah yang belum terlalu matang memiliki tekstur yang cenderung keras.

Baca Juga :   Bambu Air, Tanaman Hias Indah Di Pandang Mata

Selain itu, warna dari buah ini didominasikan oleh warna merah cenderung terang, biasanya warna merah tersebut menjadi ciri khas dari buah endemik ini. Namun, ada juga spesies atau jenis dari buah ini memiliki warna coklat kekuningan dengan warna dasarnya coklat. Adapun buah merah ini sebagian orang menilai sebagai buah mengandung potensi gizi yang cukup tinggi.

Sementara itu, buah ini pun dilengkapi dengan kandungan gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B12, serat, magnesium, dan juga betakaroten. Namun, buah merah pun mengandung senyawa antioksidan dalam dosis yang cenderung tinggi, sehingga dengan kandungannya tersebut buah merah endemik Papua ini dinilai bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.