Mengenal Balsa, Kayu Ringan Serbaguna

oleh -178 views
Balsa wood plank on white background.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kayu balsa merupakan salah satu jenis kayu yang berasal dari batang pohon besar yang Bernama balsa. Pohon tersebut biasanya dijumpai pada hutan-hutan wilayah iklim tropis maupun sub tropis.

Pohon dan kayu tersebut mempunyai nama Ilmiah Ochroma Grandilorium Rowlee ini bisa tumbuh pada dataran tinggi dan rendah berkisar 0 – 1000 mdpl. Meski begitu, pohon terbaiknya dapat tumbuh pada ketinggian 0 – 800 mdpl dengan pohonnya berbentuk besar.

Secara umum, kayu dari pohon balsa mempunyai bentuk yang cenderung sederhana, dengan warna putih kemerahan dan seratnya sangat halus. Kayu tersebut juga dikenal sangat ringan, namun kayu ini pun memiliki sifat yang tahan lama dan awet serta tahan terhadap sinar matahari secara langsung.

Baca Juga :   Jaga Penghijauan, Kediri Tanam 600 Pohon Di Hutan Gunung Kelud

Selain itu, dikenal mempunyai berat yang sangat ringan, biasanya kayu tersebut dapat dimanfaatkan untuk bahan baku atau keperluan komposit industri. Dalam komposit industri, jenis kayu ini biasa digunakan untuk keperluan industri perkapalan dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, jenis kayu ini biasanya juga sebagai bahan baku mebel atau pun furniture dengan ketahanan yang cenderung lama. Sebagian orang mengenal bahan baku mebel dengan menggunakan kayu jati dan akasia, namun ternyata kayu ini pun dapat dijadikan bahan baku mebel.

Baca Juga :   Penghasil Kayu Terbaik, Begini Cara Budidaya Pohon Mahoni

Lebih lanjut, Tentunya sangat menjadikan kayu tersebut multifungsi dan serbaguna untuk dibentuk keperluan rumah tangga maupun bahan baku industri-industri lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.