Jaga Penghijauan, Kediri Tanam 600 Pohon Di Hutan Gunung Kelud

oleh -10 views
Penanaman-di-Mbambingan-Kelud
Foto : Dok. Pemprov Jatim

Panennews.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri bersama Yayasan Wahyu Alam dan relawan peduli lingkungan melakukan penanaman sebanyak 600 pohon.

Adapun penanaman itu bertempat di petak 148-1 dan 149B Hutan Obat Mbambingan wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pandantoyo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pare, Senin (26/02/2024).

Administratur KPH Kediri yang diwakili Kepala Sub Seksi (KSS) Kemitraan Produktif Heri Widodo dalam keterangan tertulis, menyampaikan terima kasih kepada stakeholder yang hadir dan Yayasan Wahyu Alam Kediri atas inisiasi kegiatan penghijauan atau pengkayaan tanaman.

Dalam kegiatan penghijauan tersebut, para peserta menanam sejumlah 600 plances dengan jenis Beringin, Buni, Kalpataru, Jati Belanda, Karet, dan Kebo.

Baca Juga :   Ketahui Daerah Ini Penghasil Kayu Jati Terbesar Di Indonesia

Heri menjelaskan bahwa lokasi penanaman tersebut merupakan lokasi wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan area Gunung Kelud Kabupaten Kediri. Hutan Obat Mbambingan merupakan wisata edukasi, konservasi, pelestarian jamu, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kesehatan masyarakat. Lokasi tersebut satu arah dengan obyek wisata alam yang dikenal sebagai ikon Kabupaten Kediri yang lokasinya berada dalam kawasan hutan Perum Perhutani KPH Kediri.

Sementara itu, Ketua Yayasan Wahyu Alam Kediri Wahyu Yuwono menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Kediri dan semua yang telah hadir dalam kegiatan penghijauan tersebut.

Selain itu, Ia juga menyebutkan bahwa tujuan penanaman bersama tersebut yaitu untuk menghijaukan area kawasan gunung kelud agar tidak terjadi longsor saat musim hujan.

Baca Juga :   Menteri LHK Ungkapkan Tata Kawasan Hutan Selesai Tahun Ini

Lebih lanjut, selain antisipasi terjadinya longsor di sepanjang jalan menuju kawasan wisata Gunung Kelud, penanaman juga untuk memperkaya jenis tanaman obat langka atau obat herbal yang mulai sulit ditemukan.

“Kedepannya, diharapkan adanya penghijauan atau penanaman secara berlanjut agar kawasan menuju wisata Gunung Kelud kelihatan asri, khususnya saat musim kemarau. Lokasi yang berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl bisa menjadi tempat yang asri dan menyegarkan. Tempat tersebut juga bisa menjadi tempat edukasi bagi pengunjung kawasan hutan Perhutani yang dikerjasamakan dengan luas 10 hektar dan berisi tanaman obat sekitar 200 lebih jenis tanaman tersebut”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.