Kemenyan, Pohon Asli Hutan Indonesia Menghasilkan Getah Harum

oleh -221 views
Boswellia tree is used to produce olibanum, photo taken in Oman
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kemenyan merupakan salah satu jenis pohon besar yang mudah ditemukan pada hutan-hutan iklim tropis khususnya Indonesia. Pohon kemenyan tersebut menyebar ke seluruh pulau Sumatera, Jawa, bahkan Kalimantan hingga Papua.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Stryrax Sp ini termasuk dalam famili dari Stracaceae yang dari Ordo Ebeneles. Oleh sebagian orang, kemenyan ini dikenal dengan wangi-wangian yang mengeluarkan aroma harum.

Secara umum, kemenyan termasuk dari pohon besar yang tingginya mencapai kisaran antara 24 – 30 meter dengan diameternya mencapai kisaran 60 – 100 cm. Batangnya cenderung lurus dengan percabangannya yang sedikit, adapun pohon tersebut mempunyai warna coklat cenderung merah hingga kayu dalamnya berwarna cenderung putih.

Baca Juga :   Rotan, Tumbuhan Hutan Indonesia Untuk Industri

Selain itu, kemenyan mempunyai daun tunggal dengan tersusun rapi secara spiral, daunnya tersebut berbentuk oval cenderung bulat memanjang. Panjang daun tersebut dapat mencapai kisaran 4 – 15 cm dengan lebar daunnya berkisar 5 – 13 cm, adapun helai daunnya sangat halus dan permukaannya pun cenderung mengkilap berwarna kecoklatan.

Sementara itu, pohon kemenyan tersebut dapat mengeluarkan getah dari daun hingga batangnya yang dikenal sebagai benzoin. Adapun benzoin berasal dari Bahasa Arab dengan artiannya harum, biasanya getah tersebut pun dinilai harum dan hal tersebut menjadi ciri khas pohon kemenyan.

Baca Juga :   Menteri LHK Ungkapkan Tata Kawasan Hutan Selesai Tahun Ini

Biasanya getah harum dari pohon kemenyan ini oleh sebagian masyarakat dapat digunakan untuk upacara adat, campuran rokok, bahan pengawet, industri kosmetik, bahkan juga sebagai parfum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.