Rotan, Tumbuhan Hutan Indonesia Untuk Industri

oleh -94 views
Spiky plant with edible fruit
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Rotan merupakan salah satu jenis tumbuhan rambat yang tumbuh cepat dengan memanjat pada pohon-pohon sekitar hutan. Tumbuhan rotan tersebut biasanya dapat tumbuh subur pada wilayah iklim tropis salah satunya Indonesia.

Tumbuhan tersebut mempunyai nama Ilmiah Calameae ini yang termasuk dalam famili Palmae. Biasanya rotan sangat mudah ditemukan pada hutan-hutan tropis Indonesia.

Secara morfologi, tumbuhan ini dapat tumbuh secara menjalar diatas permukaan tanah dan berkembang dengan memanjat serta mengelilingi pohon didekatnya. Batang tumbuhan tersebut tegak ke arah atas hingga mencapai ukuran berkisar antara 2 – 5 meter, adapun bentuk tumbuhan ini cenderung mirip dengan bambu.

Baca Juga :   Terobosan Satgas Bitung cegah Perdagangan Ilegal Satwa Liar

Selain itu, batang rotan pun beruas-ruas dengan ukuran yang berkisar antara 15 – 20 meter dan berdiamter 5 – 8 cm. Adapun batang tersebut dalam usia mudanya dapat berwarna hijau terang, sedangkan batang yang cenderung tua dapat dikenali dengan warnanya yang terlihat kuning kecoklatan.

Sementara itu, batang dari tanaman rotan ini mempunyai nilai ekonomisnya yang tergolong tinggi. Pasalnya, batang tersebut banyak digunakan oleh sebagian orang untuk dijadikan bahan baku industri, mebel, maupun furniture. Adapun batangnya tersebut dinilai awet serta mempunyai daya tahan yang cukup lama.

Baca Juga :   KLHK Gandeng Akademisi Ke IKN Bahas Menuju Hutan Alam Tropika Kalimantan

Lebih lanjut, sifat dari batang tumbuhan rotan tersebut dapat mudah dibentuk dan struktur serat dalam batangnya pun dinilai bagus, sehingga batang rotan tersebut dapat dijadikan bahan baku peralatan rumah tangga maupun bahan baku keperluan industri besar maupun kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.