Karang Staghorn, Tempat Tinggal Biota Laut Yang Terancam Punah

oleh -54 views
scenic-386972__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Karang staghorn merupakan salah satu biota laut jenis karang-karangan yang tumbuh cepat pada dasar laut. Biasanya karang ini dapat menjaga kelestarian dan ekosistem kelautan.

Karang tersebut mempunyai nama Ilmiah Acropora Cervicornis yang masih termasuk dalam klasifikasi dari Genus Acropora. Spesies mereka mendominasikan di berbagai lautan pada terumbu karang zona depan.

Secara morfologi, karang ini memiliki pertumbuhan paling cepat dibandingkan jenis karang lainnya, biasanya pertumbuhan tersebut terdapat pada lautan yang mempunyai suhu perairan global. Adapun bentuk karang tersebut panjang cenderung bercabang silindris serta koralit berbentuk pipa dan warna dari karang ini yaitu cenderung cokelat muda.

Baca Juga :   KKP Larang Alat Penangkapan Ikan yang Rusak Lingkungan Kelautan

Selain itu, mempunyai lebarnya juga yang berkisar antara 3 – 5 meter dengan panjangnya yang berkisar antara 2 meter, ukurannya ini dinilai besar dibandikan jenis karang lainnya. Namun, biasanya karang dengan ukuran panjang tersebut dapat dijumpai pada laut yang kedalamannya bisa mencapai kisaran antara 5 – 25 meter.

Sementara itu, dinilai mempunyai bentuk yang lebar dari jenis karang lainnya, karang staghorn ini memiliki fungsi untuk tempat tinggal atau habitat sebagian besar biota laut maupun ikan-ikan kecil. Biasanya biota laut tersebut akan merasa nyaman dan aman jika habitatnya pada karang staghorn ini.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Bersama Nelayan Bersihkan Sampah Di Laut

Lebih lanjut, namun sayangnya terumbu karang jenis staghorn ini dinilai terancam punah, kepunahannya tersebut disebabkan oleh perubahan iklim sehingga menyebabkan sumber makanan mereka sangat berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.