Hiu Martil, Biota Laut Dengan Tampilan Kepala Unik

oleh -133 views
shark-4309186__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Hiu martil merupakan salah satu biota laut yang keberadaannya dapat ditemukan pada perairan tropis. Biasanya hiu jenis ini sering berkeliaran pada perairan di wlayah Samudera Hindia.

Biota laut yang satu ini memiliki nama Ilmiah Scalloped Hammerhead yang masuk ke dalam suku family dari Shyprinadae. Spesiesnya begitu unik karena memiliki tampilan berbeda dari jenis hiu lainnya.

Secara morfologi, ikan hiu martil ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dengan ukuran yang berkisar antara 2 hingga 7 meter, biasanya tubuh ikan ini dilengkapi dengan dua sirip dipunggung. Adapun sirip tersebut memiliki bentuk seperti huruf V dan memiliki sepasang taring pada sisi kanan kirinya, sirip dari ikan hiu martil ini umumnya memiliki warna abu-abu.

Baca Juga :   Belut Moray, Biota Laut Dengan Bentuk Tubuh Memanjang

Selain itu, warna tubuh keseluruhan dari ikan hiu martil ini pada bagian depannya berwarna abu gelap serta bagian belakangnya terdapat warna silver cenderung putih, biasanya warna tersebut hanya berlaku pada hiu yang memiliki usia dewasa. Sedangkan hiu yang memiliki usia dini biasanya memiliki warna silver cenderung putih.

Sementara itu, biota laut hiu martil ini memiliki bentuk kepala yang cukup terbilang unik. Pasalnya, jenis ikan hiu yang satu ini bentuk kepalanya cenderung mirip seperti martil. Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat menyebut spesies biota laut ini dengan sebutan hiu martil, hal tersebut tentunya cukup tergolong unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.